Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Tergiur Harga Murah Saat Pilih Mobil Bekas

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 7 Juni 2016 | 03:05 WIB

Jakarta, Otomania – Musim mudik Lebaran yang akan datang membuat masyarakat banyak mencari kendaraan pulang ke kampung halaman. Selain mobil baru, mobil bekas jadi pilihan mengingat cara mendapatkannya cukup cepat dan tanpa proses panjang.

Sayangnya tidak semua penjual mobil bekas berkata jujur mengenai mobil jualannya kepada konsumen. Nah, agar tidak kecewa dalam memilih mobil bekas yang diidamkan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

“Paling pertama adalah kondisi fisik kendaraan. Usahakan selalu melihat langsung agar dapat memberikan penilaian terbaik mengenai mobil yang diinginkan,” ucap Kenny dari Geraldi Auto Pondok Bambu saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Kenny menambahkan, bisa saja mencari informasi mengenai mobil bekas yang diidamkan melalui internet, tapi tetap lakukan pemeriksaan langsung sebelum memutuskan membeli.

Pengecekan kondisi fisik juga dilakukan pada bagian kaki-kaki kendaraan. Tidak lupa kondisi ke empat ban dan kelengkapan ban serep. Seringkali calon konsumen tidak melihat kondisi ban padahal kondisinya sudah botak.

Tidak lupa kondisi mesin kendaraan. Selalu coba menyalakan mesin mobil bekas untuk didengar suara mesinnya. Apakah ada keanehan? Cek fisik mesin dan kelengkapan sesuai dengan spesifikasi. Bawa orang lain yang lebih paham untuk ikut melakukan pengecekan komponen mesin kendaraan.

Terakhir yang paling penting adalah pengecekan surat-surat resmi kendaraan seperti BPKB, STNK dan faktur pembelian kendaraan. Cek keabsahan masih-masing surat kendaraan tersebut menggunakan bantuan pihak ketiga yang dipercaya atau cek langsung ke Samsat tempat surat tersebut dikeluarkan.

“Hal yang terpenting, jangan terburu-buru. Sediakan waktu untuk berpikir untuk memutuskan membeli atau tidak. Serta jangan tergiur pada harga yang murah. Momen seperti bulan Ramadhan ini banyak sekali yang butuh uang dengan beragam cara,” ucap Kenny.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa