Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Peran Penting Tutup Pentil

Stanly Ravel - Senin, 6 Juni 2016 | 16:07 WIB

Jakarta, Otomania - Tutup pentil pada ban kendaraan ternyata memiliki fungsi yang tidak bisa dianggap remeh. Selain berguna untuk melindungi pentil dari kotoran dan debu, juga menjaga tekanan udara tetap stabil di dalam ban.

Dany, salah satu karyawan Planet Ban di Pasar Minggu, mengatakan masih banyak orang yang tidak peduli dengan tutup pentil, padahal fungsinya menolong agar ban tetap awet.

"Tutup pentil itu sudah jadi paket dalam sebuah ban, baik motor dan mobil. Banyak yang mengira hanya sekadar hiasan saja, padahal fungsinya bisa melindungi tekanan udara agar ban tidak mudah kempis, serta proteksi dari debu dan korosi air," papar Dany kepada Otomania, Minggu (5/6/2016).

Menurut dia, tutup pentil digunakan untuk menutupi pentil atau istilahnya valve cap yang notabene sebagai pintu untuk mengisi dan mengurangi udara. Dalam pentil, terdapat beberapa peranti kecil, seperti per, sil karet, dan triger sebagai penonjok.

Tidak adanya tutup pentil bisa membuat peranti tersebut mudah dihinggapi debu atau kotoran, parahnya lagi, bisa terkena korosi karat saat terkena air hujan atau cucian. Efeknya tentu saja merugikan, karena bisa membuat bagian tersebut rusak dan sil karet getas yang berujung pada kebocoran.


Plastik dan logam

Pilihan tutup pentil saat ini cukup beragam, mulai dari bahan plastik sampai logam dengan model yang bervariasi. Lalu mana yang baik digunakan?


Menjawab hal ini, Dany mengatakan, sebaiknya mengikuti dari pabrikan yang umumnya terbuat dari plastik. Karena bahan logam ternyata juga cukup mudah dihinggapi karat.

"Bahan logam memang memiliki daya tahan yang lebih bagus, selain itu modelnya banyak. Tapi tidak kuat kalau kena air jadi mudah berkarat, apalagi bila korosinya ada di bagian ulir, otomatis akan sulit dibuka. Karat ini juga bisa menular pada bagian pelek yang materinya terbuat dari besi," ucap Dany.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa