Jangan Sepelekan Tabel Tekanan Angin pada Mobil

Stanly Ravel - Jumat, 11 Maret 2016 | 17:32 WIB

Jakarta, Otomania - Ban menjadi bagian terpenting pada kendaraan dalam hal ini, mobil. Dibandingkan dengan komponen lain, hanya ban yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan, artinya keselamatan manusia di dalam kabin bergantung "dipundaknya".

Makannya itu, jangan pernah menyepelekan kalau bicara urusan perawatan.

Raja Nami Siregar, kepala bengkel Auto2000 Ciledug, mengatakan bentuk perawatan ban memang banyak caranya, tapi ada yang paling mudah dilakukan. Perlakuan wajib, adalah dengan menjaga kondisi dan tekanan angin yang sesuai.

"Merawat ban itu penting karena menyangkut masalah kenyamanan dan keselamatan berkendara. Hal paling dasar dan yang mudah untuk dilakukan dalam perawatan adalah dengan mengetahui tekanan angin yang pas dan ideal untuk digunakan," ucap Raja saat dihubungi Otomania, Kamis (10/3/2016).

Menurutnya, dengan hanya menjaga dan memperhatikan tekanan angin saja, pemilik sudah sekaligus merawat permukaan ban. Karena bila salah menjaga tekanan angin bukan hanya bisa membuat berkendara tidak nyaman tapi juga membuat permukaan ban cepat habis.

"Hal paling mudah mengetahui ukuran ban yang tepat untuk masing-masing mobil adalah melihat manual book atau tabel informasi yang tertera di rangka pintu utama. Ini bisa dijadikan patokan karena data resmi dari pabrikan yang tentunya sudah melalui proses pengujian sesuai kapasitas mobil," ucapnya.








Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X