Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Unik, Ulir Ban Depan dan Belakang Aspira Premio Beda

Stanly Ravel - Rabu, 24 Februari 2016 | 13:05 WIB

Jakarta, Otomania - PT Astra Otopart resmi meluncurkan ban Aspira Premio dengan tiga model yang menyesuaikan kebutuhan biker di Indonesia. Uniknya, ban yang dibuat menggunakan teknologi Pirelli tersebut memiliki perbedaan ulir (pattern) antara ban depan dan belakang.

Ulir pada bagian ban depan Aspira Premio mengarah ke belakang, sedangakan bagian ban belakang mengarah ke depan. Alessandro Monzani, R&D Head PT Evoluzione Tyres, mengatkan bahwa spesifikasi ban yang adalah seperti ini, karena antara ban depan dan belakang memiliki fungsi yang berebda.

"Kami buat ban ini dengan teknologi tinggi yang kami adaptasi dari Pirelli. Antara ban depan dan belakang memiliki pattern berbeda karean menyesuaikan fungsinya untuk mendapatkan sisi efesiesni serta performa yang baik," ucapnya saat sesi presentasi produk di Jakarta, Selasa (23/2/2016).

Ban depan dengan ulir mengarah ke belakang memiliki fungsi untuk membelah air yang juga berfungsi untuk memberikan pengereman yang sempurna. Sedangkan bagian belakang difokuskan untuk akselerasi dan traksi dengan sisi yang sedikit lebar sehingga kompon ban bisa menapak lebih baik di aspal.

"Kedua ban ini kami buat dengan fungsinya masing-masing. Depan fokus untuk pengereman dan memecah air dengan pattern yang kami buat dan bagian belakang lebih menekankan kemasalah traksi dan performa. Ban yang baik harusnya memang memiliki ulir berbeda antara depan dan belakang, hal ini sudah umum di negara lain," ujarnya,

Material Silika

Setiap ban Aspira Premio dibuat menggunakan material kompon yang disesuaikan untuk jenis dan penggunaanya. Khusus untuk tipe Sportivo RS yang merupakan ban performance dan bisa diadaptasi untuk arena balap menggunakan komposit silika hasil racikan formula dari Pirelli.


Sejatinya, silika sendiri memang tidak bisa bercampur dengan karet. Tapi hal ini memungkinkan setelah menggunakan formula yang dikembangkan Pirelli.

"Komponen silika tidak berdiri sendiri, ini merupakan proses mixing (campuran) yang kami lakukan pada formula kami. Untuk lebih detailnya kami tidak bisa membicarakanya karena hal ini masuk dalam rahasia perusahaan," kata Monzani.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa