Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fokus Saja Tak Cukup, Selamat di Jalan Juga Wajib Mengerti

Donny Apriliananda - Senin, 30 Mei 2016 | 19:09 WIB

Jakarta, Otomania – Setelah fokus menjadi salah satu kunci utama keselamatan di jalan, ada satu lagi kunci yang wajib Anda para pengguna jalan pahami. Ini adalah teori sederhana yang dicetuskan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) via Jusri Pulubuhu.

[Baca: Kunci selamat di Jalan Raya]

Tertib diri sendiri ternyata tak bisa sepenuhnya menjamin keselamatan di jalan. Itulah kenapa tercetus teori defensive riding/ driving. ”Kata sakti”-nya dalam hal ini adalah ”mengerti”. Seperti apa? Berikut penjelasannya:

1. Melihat tidak selalu linear dengan mengerti. Indikasi mengerti salah satunya, tidak mengerem mendadak, tidak melakukan manuver mendadak, tidak kaget atas kejadian yang ada dimukanya. Pergerakan kendaraan walaupun tidak terlalu pelan selalu halus, yang buat penumpangnya, mereka merasa nyaman dikemudikan si pengemudi.

2. Pada bagian mengemudi defensive, mengerti adalah tindakan antisipatif. Ketika indera mata melihat sesuatu, maka pahami objek tersebut. Misal, mata melihat anak kecil di bahu jalan dengan jarak 50 meter di muka. Pahami dia adalah seorang anak kecil yang dapat bergerak atau memutuskan sesuatu dengan seketika tanpa berpikir panjang. Bahkan, menyeberang seketika melintasi badan jalan di muka Anda tanpa menghiraukan sesuatu yang buruk dapat terjadi.

3. Pengemudi yang selalu mengutamakan keselamatan, selain tertib berlalulintas, dia memiliki pattern mengemudi antisipatif, selalu cek kaca-kaca spionnya, kemudian mengerti apa yang tertangkap dengan matanya. Dia juga bisa memastikan situasi belakang atau samping aman sebelum melakukan manuver.

Saat bahaya di muka muncul, sebelum mengambil keputusan mengerem atau menghindar, pengemudi memahami posisinya ada di mana, demi memastikan sisi belakang atau sampingnya aman atau tidak. Setelah itu, keputusan terbaik dilakukannya. Ini adalah indikator mengerti.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa