Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kalau Lihat Kecelakaan, Jangan Cuma Nonton!

Donny Apriliananda - Senin, 23 Mei 2016 | 11:22 WIB

Jakarta, Otomania – Pernahkah Anda sebal dengan orang yang cuma ”menonton” kecelakaan yang terjadi di depan mata dan kerap bikin macet? Cukup ironis jika ini dijadikan budaya. Padahal, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menolong korban.

Menurut Kompol Sugeng Budiono dari TMC Polda Metro Jaya, banyak langkah yang seharusnya dilakukan seseorang saat melihat atau berada di sekitar kecelakaan lalu lintas. Beberapa hal di bawah ini bisa dijadikan pedoman:

1. Menguasai keadaan atau sikap

  • Setelah melihat ada kecelakaan lalu lintas, catat kendaraan yang terlibat kecelakaan. Bila kendaraan tersebut ada yang akan melarikan diri, Anda sudah bisa mengenali pelat nomor, jenis, merek, tipe dan warna dari kendaraan tersebut.
  • Jauhkan ”penonton” yang berkerumun terutama yang merokok atau yang akan merokok. Menolong korban bila ada, segera diteruskan ke rumah sakit terdekat.
  • Mengamankan barang-barang milik korban, jangan sampai dicuri oleh tangan-tangan jahil. Sambil mematikan kendaraan untuk menghindari kemungkinan terjadi kecelakaan yang lebih besar, tutuplah tumpahan bahan bakar.
  • Bila pada malam hari hindari penggunaan penerangan dengan api, penerangan hanya dibolehkan dengan menggunakan baterai atau sejenisnya.

2. Memberikan pertolongan

  • Gunakan pertolongan pertama pada kecelakaan dengan tepat, kalau tidak tepat justru dapat membahayakan korban.
  • Hentikan kendaraan yang ada pada kesempatan pertama, bila ada korban yang perlu dibawa ke rumah sakit. Jangan lupa catat nomor kendaraan dan dibawa ke mana korban tersebut dibawa.
  • Bila situasi memungkinkan, hubungi keluarga korban berdasarkan petunjuk atau keterangan yang ada.
  • Usahakan mengutamakan menolong korban yang menderita luka berat, baru kemudian yang luka ringan dengan meminta bantuan orang-orang yang ada di sekitar.

3. Menghubungi petugas

Usahakan menghubungi petugas terdekat di tempat kejadian atau kecelakaan baik dengan telepon atau perantara orang-orang di sekitarnya.

Korban dapat dipindahkan dari tempat semula dengan sebelumnya memberikan tanda pada tempat korban terletak dengan menggunakan kapur atau benda yang lain.

Menyerahkan ke petugas semua yang Anda kerjakan, ceritakan kronologis kejadian serta menjawab bila ditanya. Beri alamat anda ke petugas, dan akan sangat terpuji bila Anda dengan sukarela bersedia menjadi saksi di kemudian hari.

Kemungkinan tidak ada petugas yang datang, maka Andalah yang datang ke kantor polisi terdekat serta melaksanakan petunjuk sebelumnya.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa