Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fortuner Buatan Karawang Makin Mengilap di Pasar Global

Donny Apriliananda - Jumat, 27 Mei 2016 | 12:35 WIB

Jakarta, Otomania – Toyota All New Fortuner yang baru diproduksi sejak Januari 2016 di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang I, memberikan kontribusi positif pada kinerja ekspor Toyota Indonesia.

Pada April 2016, TMMIN mengekspor 6.000 unit Fortuner ke mancanegara. Hal ini sekaligus menjadikan Fortuner sebagai model kendaraan yang paling banyak diekspor TMMIN bulan lalu.

Secara keseluruhan, volume ekspor kendaraan bermerek Toyota, April 2016, adalah 16.900 unit. Angka ini naik 6 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu dengan volume 15.900 unit.

Kijang Innova dan Vios memberikan kontribusi pada kinerja ekspor masing-masing sebesar 2.000 dan 3.000 unit. Model lain yang diekspor seperti Yaris, Avanza, Agya, Rush, dan Lite Ace/ Town Lite menyumbangkan 5.900 unit.

”Respons konsumen mancanegara maupun dalam negeri sangat positif terhadap Fortuner generasi baru. Ini memicu kami untuk semakin kompetitif dan berdaya saing tinggi. Semoga upaya kami yang dibarengi dengan membangun kerjasama yang baik dengan industri otomotif hilir sampai hulu dapat mendukung posisi Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor di Asia-Pasifik,” ucap Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN dalam siaran resmi (25/5/2016).

Filipina
TMMIN kembali memulai ekspor kendaraan Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) Kijang Innova dan Fortuner pada Maret 2016 setelah sebelumnya sempat dihentikan sementara karena alasan persiapan produksi perubahan total kedua model tersebut.

Filipina menjadi negara importir Fortuner terbesar tahun ini. Tercatat 74 persen ekspor Fortuner ditujukan untuk konsumen di negara tersebut. Selebihnya dikirimkan ke negara-negara di kawasan Timur Tengah, Amerika Latin, dan Karibia.

Sementara Kijang Innova dan Vios, Saudi Arabia merupakan negara importir terbesar dengan porsi masing-masing 84 persen dan 85 perse dari total volume ekspor kedua jenis kendaraan tersebut. Selain ke Saudi Arabia, Kijang Innova juga dikirimkan ke negara-negara di Asia, Amerika Latin, dan Karibia. Sedangkan destinasi ekspor Vios lainnya adalah negara-negara di Asia.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa