Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bagaimana Merawat Mobil Standar Bermesin Turbo?

Aris F Harvenda - Rabu, 25 Mei 2016 | 08:25 WIB
Bandung, KompasOtomotif - Honda Prospect Motor (HPM) memulai lembaran baru dengan meluncurkan All New Civic bermesin turbo pada IIMS 2016, April lalu. Kendati dibekali mesin berkapasitas kecil (1.5L), keberadaan turbo mampu menghasilkan tenaga hingga 173 tk.
 
Tren baru (mesin bensin turbo) yang tengah dikampanyekan HPM tersebut tentu menimbulkan pertanyaan, bagaimana perawatannya? Apakah ada perhatian khusus?
 
"Sebenarnya perawatannya sama dengan mesin non turbo. Hanya saja konsumen harus memperhatikan penggantian oli secara berkala. Jika sudah waktunya ganti oli, informasi di panel akan keluar. Di saat itulah konsumen harus segera ke bengkel resmi untuk mengganti oli," kata Direktur Pemasaran dan Layan Purna Jual HPM Jonfis Fandy, di sela-sela test drive All New Civic di Sirkuit Sentul, Bogor, Selasa (24/5/2016).
 
Untuk spesifikasi oli yang direkomendasikan adalah SAE 0W-20. Jonfis menyebutkan, bagi pelanggan yang mengikuti program Paket Cermat maka tak perlu khawatir karena Honda sudah memiliki oli khusus yaitu HAO E-Pro.
 
Sistem yang mengatur penggantian oli berkala tersebut sudah memperhitungkan waktu kerja (working hour) mesin. Jadi jarak tempuh bukan tolok ukur penggantian. Terutama bagi pengguna yang tinggal di perkotaan dengan lalu lintas yang ekstra padat.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa