Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Adu Tampang "Adik" Avanza-Xenia dengan Datsun Go

Stanly Ravel - Selasa, 24 Mei 2016 | 11:50 WIB

Jakarta, Otomania - Adik dari Avanza-Xenia yang menjadi produk baru PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya terkuak. Dikembangkan dengan nama kode "D30D", mobil ini rupanya dipersiapkan untuk bermain di segmen mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC).

Bila melihat dari foto yang Otomania dapatkan, bentuk samping mobil ini memiliki desain mirip dengan Avanza dan Xenia. Dari sini bisa ditebak bahwa mobil mobil ini disiapkan sebagai LCGC 7-seater akan menghadang laju Datsun Go+ Panca yang selama ini bermain sendirian di segmen tersebut.

Meski belum ada kejelasan kapan D30D ini akan meluncur, tapi dari bentuk desain sudah bisa dijadiakan patokan untuk sekadar membandingkan tampilannya dengan Datsun Go+ Panca.


Bermodalkan tampilan samping yang serupa dengan Avanza-Xenia, secara desain produk Toyota dan Daihatsu ini sudah tidak menjadi pemandangan yang baru. Berbeda dengan Datsun yang lebih terlihat agresif dengan ground clearance yang lebih rendah.

Namun bila melihat dari fungsinya sebagai LCGC 7-seater, adik Avanza-Xenia yang didesain mengikuti tampilan low MPV rasanya akan lebih nyaman, apalagi dengan ground clearace yang lebih tinggi. Pada bagian belakang, sosoknya dirancang mirip dengan All New Kijang Innova. Hal ini bisa dilihat melalui desain stop lamp yang dibentuk lebih kecil dari aslinya.


 Dari bagian belakang ini juga bisa terlihat dengan jelas bedanya dengan Datsun Go+ Panca. Datsun lebih mengusung konsep seperti hatchback, sedangkan adik Avanza-Xenia ini dirancang dengan konsep low MPV.

Secara keseluruhan bila dibandingkan dari segi desain, adik Avanza-Xenia ini akan sebuah LCGC 7-seater dengan rasa MPV yang lebih kental dibandingkan Datsun Go+ Panca. Sayang, Otomania belum mendapat tampilan depannya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa