Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Persiapan Penting Sebelum "Main Tanah"

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 21 Mei 2016 | 10:42 WIB

Jakarta, Otomania – Libur akhir pekan sudah tiba. Ini saatnya bagi sebagian biker yang memiliki hobi untuk jelajah alam atau offroad bersama tunggangannya untuk kembali bersenang-senang berpetualang bersama. Namun sebelum melaksanakan kegiatan petualangan ini ada baiknya biker melakukan persiapan perjalanan.

“Persiapan perjalanan ini adalah tahap lanjutan setelah biker mengerti dan menggunakan perangkat keselamatan atau protector wear. Tujuan persiapan perjalanan ini tentu agar perjalanan berpetualang offroad nantinya dapat dilalui dengan baik tanpa ada kekurangan satu apapun,” ucap Frans Tanujaya, offroader senior berpengalaman, saat menjadi pembicara dalam seminar Safety Riding untuk Motor Offroad beberapa waktu lalu.

Hal pertama yang dilakukan dalam tahap persiapan perjalanan adalah memastikan perlengkapan dan kondisi motor dalam keadaan prima. Lalu pelajari rute yang akan dilalui dengan memiliki peta yang cukup jelas dan informatif. Tidak lupa info cuaca di hari melakukan perjalanan agar bisa mempersiapkan diri dengan baik. Terakhir tidak lupa untuk menggunakan peralatan keselamatan lengkap seperti helm, protektor sikut dan lutut serta sepatu.

Tahap berikutnya adalah persiapan alat-alat saat kondisi darurat. Bawa tali untuk menarik sepeda motor jika motor mogok diperjalanan atau membutuhkan bantuan untuk menarik kendaraan. Periksa tekanan angin pada ban sesuai dengan standar pabrikan. Tidak lupa membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan selama perjalanan.

“Setelah persiapan perjalanan ini selesai dilakukan, maka perjalanan offroad bisa dimulai,” ucap Frans.

Memulai perjalanan offroad yang wajib dilakukan adalah mengisi tangki bensin kendaraan hingga penuh. Ini karena kemungkinan masalah yang akan ditemui di area offroad atau lintas alam dapat membuat perjalanan yang direncanakan cukup singkat menjadi lebih panjang. Alasan ini pula yang mewajibkan perjalanan offroad dilakukan secara berkelompok agar supaya dapat saling bekerja sama apabila ada kesulitan menaklukan rute berlumpur.

“Persiapkan juga apabila pada akhirnya biker harus menginap di perjalanan. Hal ini sering terjadi karena rute yang berupa alam tidak dapat diprediksi,” ungkap Frans.

Selama menempuh rute offroad para biker harus menjaga jarak antar pengendara karena jarak yang terlalu dekat akan mengurangi waktu yang diperlkan untuk melakukan reaksi dan dapat menyebabkan tabrakan atau kecelakaan. Terakhir, pastikan kondisi kesehatan  badan dalam kondisi prima, banyak minum air putih agar tidak dehidrasi dan tidak mengkonsumsi obat-obatan dan minum minuman beralkohol sebelum berkegiatan.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa