Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

GT Radial, Ban Indonesia yang Mampu Jajah Amerika Serikat

Azwar Ferdian - Selasa, 17 Mei 2016 | 10:30 WIB

Jakarta, Otomania - Pertumbuhan industri otomotif di Indonesia sedang mengalami masa stagnan, bahkan cenderung menurun di 2015 dan 2016 ini. Sektor industri pendukung, termasuk ban juga mengalami hal yang sama, hingga harus berjuang keras buat bertahan.

PT Gajah Tunggal, sebagai pemegang merek ban GT Radial, juga merasakan kondisi serupa. Pasar domestik, disebutkan GM Marketing PT Gajah Tunggal Arijanto Notorahardjo, cenderung tidak bergerak. Bahkan menurut data Gaikindo dan AISI di awal 2016 ini menurun.

"Pasar domestik masih lesu, penjuakan secara retail kami memang naik tapi tidak sebagus 2014. Untuk menjaga performa perusahaan, kami harus mengejar pasar ekspor yang memang lebih besar daripada domestik," jelas Arijanto saat dihubungi Otomania, Senin (16/5/2016).

Arijanto melanjutkan, komposisi domestik dan ekspor sudah mencapai 10 persen buat penjualan lokal dan 90 persen buat ekspor. Saat ini pasar eskpor terbesar GT Radial ada di Amerika Serikat. Bahkan AS bisa memegang 85 persen angka ekspor yang dilakukan Gajah Tunggal.

"AS sedang melakukan kebijakan anti-dumping ke China. Ini membuka peluang kami buat bermain di sana. Hasilnya terbilang baik, 85 persen angka ekspor terkirim ke Amerika Serikat," lanjut Arijanto.

Model yang ditawarkan di AS sama dengan ban GT Radial yang ada di Indonesia. Ari menjelaskan, konsumen di negara adidaya itu sudah paham dengan kualitas ban GT Radial, yang berimbas pada naiknya penjualan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa