Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

(Live) Hamilton Tabrak Rosberg, Rio Di-"overlap"

Azwar Ferdian - Minggu, 15 Mei 2016 | 19:47 WIB

Catalunya, Otomania — Drama langsung terjadi dalam ajang Formula 1, GP Spanyol, Sirkuit Catalunya, Minggu (15/5/2016). Dua pebalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, saling bersenggolan dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Insiden senggolan Mercedes ini bahkan baru terjadi pada putaran pertama, sesaat lampu hijau tanda balapan dimulai menyala. Tensi tinggi memang sudah terjadi saat Rosberg, yang memulai balapan di posisi kedua, menyodok ke posisi terdepan setelah start.

Hamilton sebagai pemegang pole position tentu tidak mau menyerahkan posisi terdepan begitu saja buat rival sekaligus rekan setimnya itu. Hamilton coba menyalip Rosberg dari sisi luar, tetapi ruang telanjur ditutup Rosberg.

Pebalap asal Inggris itu langsung membanting setir ke kanan, yang membuatnya keluar jalur hingga melintir. Sayang, mobil Hamilton yang melintir malah menabrak bagian belakang mobil Rosberg hingga keduanya terlempar ke gravel.

Mobil Hamilton mengalami kerusakan parah di bagian depan, sementara kerusakan mobil Rosberg di bagian belakang. Keduanya pun tidak bisa melanjutkan balapan dan kembali ke paddock.

Insiden ini terpaksa meruntuhkan hegemoni Rosberg yang selalu juara di semua (empat) seri F1 musim ini. Rosberg mengumpulkan poin 100 dari empat kali balapan, sedangkan Hamilton 57 poin dan duduk di posisi kedua klasemen pebalap.


Rio

Usai insiden, pertarungan di posisi terdepan dikuasai oleh Daniel Ricciardo, Max Verstappen, dan Sebastian Vettel yang saling berebut buat jadi yang pertama. Sementara itu, Rio Haryanto sempat berhasil naik satu tingkat seusai melewati rekan satu timnya, Pascal Wehrlein.

Rio menjadi satu-satunya pebalap yang menggunakan ban medium. Semua pebalap menggunakan ban dengan jenis soft saat memulai balapan. Ini menjadi strategi Rio untuk memangkas waktu agar tidak terlalu banyak mengganti ban.

Sayangnya, Rio tidak mampu bersaing soal kecepatan, dan kembali tertinggal oleh pebalap lain. Buktinya, Pascal malah mampu naik ke posisi 16, dan Rio malah di-overlap oleh tiga pebalap terdepan, Ricciardo, Verstappen, dan Vettel.

Pada lap ke-22, Niko Hulkenberg terpaksa meminggirkan mobilnya ke gravel, setelah ada api yang terlihat di bagian belakang. Pebalap Force India Mercedes itu harus menyelesaikan balapan lebih cepat, dan gagal finis.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa