Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Peluang Rio dan MRT05 di Catalunya

Stanly Ravel - Sabtu, 14 Mei 2016 | 13:31 WIB

Jakarta, Otomania - Rio Haryanto siap berlaga kembali di Sirkuit Catalunya pada hari Minggu, (13/5/2016). Meski bukan arena balap yang asing bagi Rio, tapi Catalunya merupakan sirkuit yang tidak menguntungkan bagi tim Manor.

Alsannya masih sama, soal aerodinamika MRT05 yang kurang stabil saat menghadapi tikungan. M Wahab S, sebagai pengamat Formula 1, mengatakan bahwa sirkuit Catalunya memiliki banyak corner yang kurang menguntungkan bagi Rio dan Pascal, kestabilan mobil Manor saat menikung masih kurang.

"Masalah utamanya aerodinamis saat menikung, Catalunya punya karakter sirkuit fast corner yang cukup banyak ini akan jadi halangan bagi Rio. Bukan hanya itu, Catalunya juga merupakan sirkuit klasik dimana Energy Recovery System (ERS) bekerja secara tidak maksimal," ujar Wahab kepada Otomania, Kamis (12/5/2016).


ERS tidak bekerja secara maksimal akibat aplikasinya yang tidak dirancang berbarengan dengan pembangunan sirkuit, hal ini cukup wajar karena sirkuit ini dibangun sebelum ada era ERS. Bisa dibilang F1 di Catalunya seperti pertarungan F1 klasik.

"Seperti yang sudah saya katakan, Catalunya akan menjadi bukti perkembangan performa Rio. Kita lihat dari catatan waktu, tapi bila soal mobil sampai saat ini belum ada pengembangan banyak, salah satu hal yang bisa dilakukan Rio adalah dengan berjudi soal strategi ban," kata Wahab.  

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa