Cara Mematikan Fitur AHO pada Honda Vario

Stanly Ravel - Selasa, 10 Mei 2016 | 13:25 WIB

Jakarta, Otomania - Sepeda motor baru saat ini sudah dilengkapi fitur Automatic Head Light On (AHO). Tanpa adanya saklar pemutus arus, otomatis lampu utama akan terus menyala selama mesin hidup.

Fitur AHO menjadi perangkat standar ATPM motor untuk menunjang keselamatan berkendara. Meski demikian, fitur ini juga membuat umur bohlam lampu cepat putus karena terus menerus menyala.

Cara mudah untuk mengakalinya bisa dengan kembali memasang saklar on/off atau hanya memanfaatkan satu lampu saja. Pengerjaannya tidak terlalu sulit, namun harus mengorbankan salah satu lampu dan bodi atas untuk dibuat dudukan tempat saklar.

"Mematikan AHO bisa dilakukan sendiri, caranya dengan membuka saklar lampu jauh-dekat dan melepaskan kabel utama yang biasanya warna putih pada Honda Vario. Setelah dipotong kabel langsung dibungkus agar tidak terjadi korslet. Langkah ini juga menjadi tips untuk membaut saklar lampu jauh-dekat Vario lebih awet karena aslinya rawan gosong " ucap Slamet Pamuji dari Selta Motor kepada Otomania, Selasa (10/5/2016).


Meski fitur AHO sudah tidak aktif, tapi dengan melakukan cara ini membuat salah satu lampu juga tidak berfungsi. Biasanya konsumen juga memilih mematikan lampu dekat dan mempertahankan lampu jauh, tapi dengan pengaturan level pancaran cahaya sehingga tidak mengganggu pengendara lain.

"Untuk menyeting lampu jauh menjadi lampu dekat pada Vario caranya mudah, tinggal disetel melalui adjuster yang ada di belakang reflektor. Putar adjuster-nya pakai obeng plus dan sesuaikan pancarannya. Bila suatu saat mau aktifkan AHO tinggal pasang kembali kabel putih yang tadi dilepas," ujar Slamet.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa