Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bolehkah "Engine Brake" Pada Sepeda Motor?

Stanly Ravel - Selasa, 10 Mei 2016 | 07:01 WIB

Jakarta, Otomania - Cara lain untuk menghentikan laju kendaraan adalah dengan teknik engine brake. Selain mobil, sepeda motor juga bisa melakukan hal ini, terutama untuk motor konvensional yang menggunakan transmisi manual.

Meski bisa dilakukan, engine brake menggundang pro dan kontra. Ada yang menganggap wajib dilakukan untuk menghemat kanvas rem ada juga yang melarang karena bisa mengakibatkan kerusakan mesin.

Menanggapi pendapat tersebut, M. Abidin, GM After Sales dan Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan bahwa pada dasarnya boleh-boleh saja dilakukan, tapi dalam kondisi tertentu.

"Engine brake membuat putaran mesin menjadi tertahan, cara kerjanya sama dengan mobil yakni membuat laju kendaraan menjadi lebih pelan. Sepeda motor boleh saja memakai teknik ini, tapi jangan keseringan hanya pada situasi urgent yang benar-benar membutuhkan quick respon saja," kata Abidin kepada Otomania, Senin (9/5/2016).


Bila dilakukan terus-menerus, menurut Abidin bisa membuat kerusakan pada komponen mesin. Salah satunya adalah pada sektor bearing craft, bahkan parahnya lagi bisa meyerang kerusakan pada gir rasio.

"Kerusakan akibat terlalu sering melakukan engine brake umumnya menyerang bearing craft dan metal dudukan, tapi bila kondisi mesin sudah parah ditambah pemakaian oli yang tidak sesuai bisa lebih buruk sampai kerusakan pada gir rasio," ucap Abidin.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa