Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mega Pro Bernama Blue Mecal dari Samarinda

Setyo Adi Nugroho - Senin, 9 Mei 2016 | 08:45 WIB

Samarinda, Otomania – Acara Unity Pitstop yang berlangsung Minggu (8/5/2016) di Stadion Madya Sempaja Samarinda menjadi ajang bagi biker Kalimantan bergabung dan unjuk karya. Salah satu builder lokal Samarinda yang mendapat tempat istimewa adalah Denny Dinata dari De’ath Piston Garage yang memamerkan karyanya di panggung utama.

Karya yang diberi nama Blue Mecal ini adalah motor kustom bertipe rigid bobber yang dibangun selama 10 hari untuk ajang Unity Pitstop. Motor ini juga diberikan sentuhan desain ornamen khas Dayak pada bagian tangki dan kotak elektrik di bagian bawah.

“Mecal itu artinya tidak bisa diam, bergerak terus, lincah dan nakal dalam bahasa Kalimantan. Motor ini dibuat dalam waktu singkat meski konsep dan rancangannya sudah dipikirkan jauh hari,” ucap Denny.

Motor ini menggunakan mesin Honda Mega Pro 150 cc tahun 2010 dan menggunakan dasar sasis dari Honda Tiger yang dimodifikasi. Ukuran motor ini sudah disesuaikan dengan sang pemilik agar nyaman digunakan.

“Kenyamanan menggunakan motor ini jadi yang utama. Motor ini harus bisa memberikan kenyamanan meski digunakan sehari-hari,” ucap Denny.

Untuk menunjang kenyamanan tersebut Denny menggunakan ban ukuran 17/450 yang cocok mengarungi jalanan Samarinda yang berbukit. Mesin motor sedikit di set untuk memberikan output tenaga lebih besar. Jok menggunakan per untuk kenyamanan pengendara selama duduk diperjalanan.

“Hal yang membedakan dengan chopper biasa adalah penggunaan ban depan dan belakang yang sama. Kalau chopper biasa ban depan biasanya lebih kecil dari ban belakang,” ujar Denny.

Penggunaan desain lampu yang sederhana membuat perhatian tertuju pada mesin, desain bodi motor dan ban terlihat lebih besar. Knalpot kustom dipasangkan bertujuan untuk menghasilkan aura motor besar saat dikendarai.

Motor ini didesain agar terlihat nakal namun juga ada sisi menarik. Sentuhan warna biru dengan ornament khas ukiran Dayak membuat motor ini jadi perhatian selama ajang kumpul biker tersebut. Sentuhan ornamen ini juga menandakan bahwa motor kustom ini merupakan karya asli builder Kalimantan yang membuktikan kualitas karya mereka.

“Ada sentuhan ornamen Dayak karena ingin angkat budaya lokal dalam kultur motor kustom. Ini juga jadi ajang pembuktian builder asli Kalimantan bisa bersaing dengan builder lain di seluruh Indonesia,” ujar Denny.

Motor yang rencananya akan diserahkan ke pemilik setelah acara Unity Pitstop ini menelan biaya lebih dari Rp 10 juta.

Spesifikasi motor ‘Blue Mecal’ :

  • Blok Mesin Honda Mega-Pro 150 tahun 2010
  • Frame rigid kustom dari Honda Tiger
  • Tangki bensin kustom
  • Shock depan Yamaha byson
  • Jok kustom
  • Tas kulit kustom
  • Velg D.I.D 17-250
  • Ban swallow 450 classic
  • Knalpot Kustom
  • Pewarnaan biru-hitam dengan lis silver motif dayak 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa