Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tiga Bagian Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Liburan

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 4 Mei 2016 | 19:25 WIB

Jakarta, Otomania – Libur panjang akhir pekan ini digunakan pemilik kendaraan untuk bepergian bersama keluarga dengan tujuan dalam maupun luar kota. Sebelum rencana berlibur dilaksanakan, ada baiknya untuk melakukan pengecekan pada kendaraan.

Arif Dedy, Service Manager Honda Megatama Kalimalang mengungkapkan ada tiga bagian yang wajib dilakukan pemeriksaan sebelum menggunakan kendaraan saat libur. Tiga bagian itu adalah mesin, kaki-kaki dan ban serta kelistrikan.

“Pengecekan terpenting itu ada di tiga bagian yakni kondisi mesin, kondisi kaki dan ban serta kondisi kelistrikan. Jika tiga bagian ini tidak ada masalah maka rencana bepergian saat libur lancar,”

Arif mengungkapkan kondisi mesin biasanya pengecekan tinggi oli mesin. Jika ketahuan berkurang maka oli mesin wajib ditambahkan hingga volume normal. Pengecekan juga dilakukan pada air pendingin mesin. Saat kurang maka harus ditambahkan.

Pada kaki-kaki kendaraan dan ban pengecekan utama ada pada tekanan ban. Tambahkan angin agar tekanan ban sesuai dengan standar pabrikan. Pemeriksaan kaki-kaki terutama pada kanvas pengereman.

Kemudian kelistrikan. Pemeriksaan tinggi air aki hingga batas normal agar aki tidak tekor selama perjalanan. Pemeriksaan lampu-lampu utama penunjang keselamatan juga diperhatikan, jangan sampai ada lampu yang mati terutama kondisi lampu utama.

“Seharusnya pemeriksaan ini dilakukan jauh hari sebelum waktu libur. Pemilik kendaraan dapat memanfaatkan fasilitas express service yang ada di bengkel resmi untuk mempersingkat waktu,” ujar Arif.

Selamat berlibur!

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa