Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Strategi Rio Hadapi GP Rusia

Stanly Ravel - Jumat, 29 April 2016 | 07:25 WIB

Jakarta, Otomania - Rio Haryanto tengah bersiap berlaga di seri keempat Formula 1 (F1) yang akan berlangsung di Sirkuit Sochi, Rusia, Minggu (1/5/2016). Sesi latihan bebas akan dimulai Jumat (29/1/2014), dan Rio sudah menetapkan strategi pemilihan ban.

Rio dengan rekan satu timnya memilih jenis ban yang sama, yakni dua medium, lima soft, dan enam supersoft. Di antara seluruh pebalap F1 yang akan berlaga di Sochi, hanya Tim Manor yang memilih dua ban tipe medium.

M Wahab S, selaku pengamat Formula 1, mengatakan bahwa strategi pemilihan ban yang diterapkan Manor untuk Rio dan Pascal sudah cukup baik. Hal ini karena menyesuaikan kondisi sirkuit serta kemampuan mobilnya.

"Menurut saya sudah benar apa yang diterapkan Rio dan Pascal soal ban. Karakter ban medium memiliki durabilitas yang lebih tinggi dari soft atau supersoft, hal ini bisa menguntungkan Rio dan Pascal karena bisa menghemat masuk pitstop dan mencuri posisi di saat pebalap lain mengganti ban," ucap Wahab saat dihubungi Otomania, Kamis (28/4/2016).

Sirkuit Sochi memiliki karkater tikungan cepat, artinya degradasi ban bisa diminimalisasi di bandingkan tikungan lamban yang harus menekan rem terlalu dalam. Efeknya, daya tahan ban akan lebih kompetitif dibandingkan tikungan tajam yang mengharuskan menekan rem lebih sering.


"Dengan menggunakan ban medium dari awal race yang memiliki durabilitas lebih lama prediksi saya ini memperbesar peluang Rio untuk memperbaiki posisi. Pertama dengan ban medium yang memiliki life time lebih panjang, kedua karena karakter sirkuit dengan tikungan cepatnya. Nanti saat kualifikasi baru kita lihat perkembangannya," ucap Wahab.

Meski demkian, Wahab menegaskan bahwa saat race semua hal bisa terjadi. Namun dari pengamatan pribadinya, Wahab menilai mobil Manor harusnya bisa lebih kompetitif di saat berlaga di Sochi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa