Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rio Jangan Diganggu Agenda Kenegaraan

Stanly Ravel - Rabu, 20 April 2016 | 14:59 WIB

Jakarta, Otomania - Rio Haryanto sudah berlaga ditiga seri Formula 1 (F1). Setiap kedatangannya ditiga negara seperti, Australia, Bahrain, dan China, Rio selalu disambut antusias di Kantor Konsulat Jenderal RI (KJRI).

Meski animonya cukup baik namun tanggapan berbeda datang dari pengamat Formula 1 Indonesia, M Wahab S. Menurutnya, acara KJRI yang dilakukan di tiap negara sebenarnya tidak harus dilakukan, karena hal ini bisa berdampak pada race yang akan dijalani Rio.

"Mungkin lebih baik acara di KJRI itu tidak usah dilakukan, selama ini setiap mau balap Rio selalu diundang ke acara KJRI di masing-masing negara. Sebenarnya lebih baik dimanfaatkan untuk Rio berisitrahat dan melakukan pengenalan trek dengan tim balapnya," ucap Wahab kepada Otomania, Selasa (19/4/2016).

Menurutnya, pebalap lain selalu memanfaatkan waktu dengan baik, contoh saat balap akan dimulai pada hari Minggu, dari hari Minggu malam sebelumnya itu pasti pebalap sudah datang lebih dulu. Tujuannya selain untuk beristirahat, mereka akan melakukan pengenalan sirkuit agar lebih fokus dan konsentrasi.

"Biasanya pebalap istirahat satu hari, setelah itu esoknya ada yang jalan kaki, bersepeda, atau lari-lari di sirkuit, tujuannya apa ? untuk mengetahui karakter sirkuit yang akan dilalui. Selain itu ada benefit lain, dia jalan di sirkuit tidak mungkin sendiri paling tidak bisa sama race enginer, atau timnya. Momen ini bisa jadi waktu Rio mendekatkan diri dan mengobrol atau diskusi lebih banyak mengenai masalah dan memberikan masukan," ujarnya.

Hal ini bisa menjadi masukan positif, mengingat Rio sendiri sedang butuh banyak pembelajaran di tahap awal. Proses adaptasi dan membangun kedekatan dengan tim menjadi langkah awal yang sangat baik, terlebih untuk rookie seperti Rio.

"Sebenarnya tidak menyalahkan itu (acara KJRI), Rio itu dan ibunya keluarga sederhana mereka diminta apa-apa juga oke saja, begitu diminta acara untuk datang ke KJRI mereka pasti tidak enak apalagi menolak. Baiknya bikin acara dengan momen yang pas atau setelah balap, intinya yang tidak menggangu konsentrasi Rio karena semakin cepat Rio beradaptasi akan semakin baik. Masalah Rio terganggu atau tidak silahkan tanya Rio sendiri," ucapnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa