Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perang Fitur Brio RS, Mirage Sport, dan Sirion Sport

Donny Apriliananda - Rabu, 27 April 2016 | 19:45 WIB

Jakarta, OtomaniaCity car beraura sporty bisa dibilang hanya ada tiga di Indonesia, yakni Honda Brio RS, Mitsubishi Mirage Sport, dan Daihatsu Sirion Sport. Kalau Anda suka yang sporty-sporty, tiga model ini bisa jadi pilihan yang terjangkau.

Sebagai varian tertinggi dan termahal, tiga model tersebut punya keunggulan. Brio RS misalnya, sudah mengemban fitur keamanan canggih pada varian CVT, atau Sirion Sport yang punya sensor parkir depan-belakang. Mirage Sport punya pengontrol AC otomatis. Berikut ulasan lengkapnya:

[Baca: Adu Tampang dan Harga City Car Sporty]

Honda Brio RS
Honda menyematkan fitur tambahan dari varian dasar, yakni tipe E. Semua Brio sudah punya indikator ECO pada panel. Desain dasbor baru, sama persis dengan milik BR-V dan Mobilio. A/C digital lebih mewah, ditambah spion dalam yang bisa meredam cahaya saat malam.

Setir bisa naik turun (tilt), lalu ada kaca spion elektrik dengan sein. Mobil akan terkunci sendiri saat jalan pada kecepatan tertentu. Kaca dilindungi Heat Rejecting Green Tinted Glass yang berfungsi menolak sinar UV dan mengurangi panas matahari.

Peranti keamanan, lengkap, termasuk kantung udara untuk penumpang depan, keyless entry, dan immobilizer. Khusus varian CVT, sudah ditambah dengan ABS dan EBD.

Di dalam, Brio RS menggunakan interior hitam dengan jahitan oranye. Sistem hiburan ada monitor layar sentuh 6,2 inci. Sistem hiburan ini mendukung berbagai format seperti DVD, CD, USB serta bisa terhubung dengan iPod dan iPhone.

Mitsubishi Mirage Sport
Pada dasarnya, fitur Mirage Sport sama dengan varian lainnya, hanya beda pada tampang eksterior. Keunggulan mobil ini adalah fitur A/C yang bisa full otomatis. Kaca elektrik (auto) di bagian pengemudi bisa berhenti jika ada sesuatu yang menghambat, agar tangan tak terjepit.

Keyless entry dan indikator ECO menjadi fitur wajib. Tapi sayang, tipe sporty ini tak selengkap Exceed. Fitur yang tak disertakan adalah tombol start-stop, immobilizer, hingga ABS dan EBD. Sementara kantung udara dan sensor parkir adalah fitur standar.

MID pada mobil ini termasuk lengkap, mampu menampilkan pengingat kapan waktu servis, data perjalanan, jarak perjalanan dengan sisa bahan bakar, sampai konsumsi bahan bakar rata-rata. Audio standar dengan jam digital, available untuk CD dan USB.

Daihatsu Sirion Sport
Hal menarik dari andalan Daihatsu ini adalah fitur tambahan yang jarang dipunyai mobil di kelasnya, yakni sensor parkir untuk bemper depan (2 titik). Fitur ini melengkapi sensor parkir standar di belakang yang sudah ada dua titik.

Selebihnya, tampang baru yang sudah dilengkapi DRL. Fitur lainnya sama dengan Sirion standar, termasuk setir model baru yang lebih ”muda” dibalut bahan kulit dengan jahitan merah. MID baru, mampu menayangkan jarak tempuh, konsmsi bahan bakar rata-rata, dan jarak yang bisa ditempuh dengan sisa bahan bakar.

Jok belakang dilengkapi ISOFIX yang bisa mengikat kursi bayi. Bagasi lapang, dengan jok belakang yang bisa dilipat sampai datar. Kenyamanan ditunjang headunit 2DIN baru sebagai pusat sistem hiburan, lebih lengkap dengan pemutar radio, CD, MP3 serta bluetooth, AUX, dan USB.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa