Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlukah Memanaskan Mesin Mobil Baru?

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 19 April 2016 | 11:21 WIB

Jakarta, Otomania – Salah satu proses yang kerap dilakukan sebelum menggunakan kendaraan adalah memanaskan mesin. Pada mobil keluaran lama, proses memanaskan mesin sebelum digunakan ini untuk membuat mesin bekerja pada suhu optimal.

Lalu bagaimana dengan mobil baru? Kendaraan baru tetap membutuhkan pemanasan sebelum digunakan, namun waktu yang diperlukan cukup singkat. Ini karena rancangan mesin, teknologi, serta oli saat ini sudah berkembang agar dapat digunakan dengan segera.

“Mobil baru tetap perlu dipanaskan sebelum digunakan. Bedanya dengan mobil jadul adalah waktu yang dibutuhkan mobil baru cukup singkat. Saat ini teknologi mesin sudah mampu siap digunakan dengan segera,” ujar Arif Dedy, Service Manager Honda Megatama Kalimalang.

Beberapa cara mobil jadul yang masih sering dilakukan saat memanaskan adalah menginjak pedal gas berulang-ulang. Hal ini pada mobil baru malah hanya menyebabkan boros bahan bakar.

Arif mengatakan, teknologi kendaraan saat ini menggunakan idle up yakni sensor mesin akan menaikkan putaran mesin dengan sendirinya untuk segera mencapai suhu optimal. Jika sudah tercapai maka putaran mesin akan menurun dengan sendirinya. Hal ini berlangsung cukup singkat agar kendaraan dapat segera digunakan.

“Pada kendaraan modern tidak perlu menginjak gas selama proses memanaskan mesin. Cukup biarkan mesin bekerja dengan sendirinya. Mesin akan segera menaikkan putaran mesin untuk mencapai suhu optimum dan menurunkan putaran mesin jika suhu optimum sudah tercapai,” ujar Arif.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa