Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beli Mobil Baru, Baca Buku Pedoman

Setyo Adi Nugroho - Senin, 18 April 2016 | 17:31 WIB

Jakarta, Otomania – Setelah pameran kendaraan berakhir, pemilik-pemilik kendaraan baru akan bermunculan menggunakan kendaraan yang dibeli saat pameran. Namun sebelum itu, sebagai pemilik kendaraan baru ada hal penting yang harus diperhatikan.

Menurut Arif Dedy, Service Manager Honda Megatama Kalimalang, sebelum menggunakan kendaraan baru pemilik kendaraan seharusnya membaca buku pedoman yang diberikan pihak bengkel atau diler. Di dalam buku pedoman tersebut terdapat hal-hal yang harus diperhatikan pemilik kendaraan baru.

“Pemilik kendaraan baru sebaiknya membaca buku pedoman terlebih dahulu. Itu langkah pertama untuk mengerti bagian kendaraan serta perlakuan yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan,” ujar Arif.

Arif menambahkan, buku pedoman menunjukkan langkah pertama yang harus dilakukan apabila pemilik kendaraan menemukan masalah dari kendaraan. Banyak pemilik kendaraan datang ke bengkel karena bingung mendapati ada masalah dengan kendaraannya, padahal akibat kesalahan penggunaan oleh pemilik kendaraan.

“Banyak yang datang ke bengkel dan berkeluh kesah kenapa mobilnya bermasalah, padahal di buku pedoman ada caranya. Harus diapakan dulu, kenapa masalahnya, tapi karena jarang dibaca yang tidak tahu. Ini tidak hanya berlaku untuk pemilik mobil baru, pemilik kendaraan lama juga sering seperti ini,” ujar Arif.

Simpan Nomor Darurat

Selain itu, pemilik kendaraan diharapkan menyimpan nomor telepon darurat jika suatu saat kendaraan bermasalah. Nomor darurat ini bisa berupa bengkel-bengkel langganan, bengkel resmi merek, atau layanan 24 jam yang disediakan oleh pemegang merek.

"Simpan nomor telepon darurat di handphone atau tempatkan daftar nomor telepon darurat di dalam mobil. Ini agar tidak panik saat kejadian darurat di tengah perjalanan dan segera dapat ditangani oleh mekanik yang berpengalaman," ujar Arif

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa