Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Memesan "Foodtruck"

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 2 April 2016 | 09:22 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi perseorangan yang ingin bergerak di bidang kuliner, pembuatan mobil toko atau foodtruck bisa dijadikan langkah awal memulai usaha. Selain mudah untuk bergerak berpindah lokasi, mobil toko kerap mengundang pembeli karena ubahan kendaraan yang unik.

Perusahaan karoseri asal Magelang, New Armada, menerima permintaan untuk membuat kendaraan foodtruck. Mereka memiliki prosedur layanan untuk melayani calon konsumen mobil toko.

“New Armada memiliki layanan untuk membuat mobil toko atau foodtruck. Calon konsumen dapat datang ke pabrik New Armada di Magelang atau kami datang ke rumah calon konsumen yang ingin memesan mobil toko sebagai bentuk layanan bagi konsumen,” ujar Nesia Puspita, tenaga penjual New Armada, saat ditemui Otomania di ajang pameran INAPA 2016, Jumat (1/4/2016).

Layanan ke rumah ini untuk membicarakan secara langsung mengenai detail pemesanan mobil toko dan memudahkan komunikasi antara konsumen dan New Armada.

Langkah pertama memesan foodtruck, konsumen menghubungi New Armada dan membicarakan desain kendaraan yang akan digunakan. Kendaraan dari konsumen bisa kondisi baru atau bekas.

Jika konsumen belum menemukan pilihan kendaraan, New Armada menyediakan pilihan melalui grup diler yang menyediakan sasis berbagai kendaraan untuk menyesuaikan keinginan konsumen.

Setelah melihat kendaraan yang tersedia, langkah selanjutnya desain kendaraan. Jika konsumen memiliki desain, New Armada hanya tinggal menyesuaikan dan mengarahkan. Jika dari desain tersebut ada yang tidak bisa dilakukan dengan alasan keselamatan, New Armada akan memberi masukan.

Setelah desain disepakati, calon konsumen akan memberikan uang tanda jadi pengerjaan. Kendaraan akan dikerjakan dalam waktu paling cepat dua bulan. Selama pengerjaan tersebut, konsumen boleh melihat proses pengerjaan di pabrik New Armada.

“Namun untuk mengubah desain sudah tidak bisa karena sudah disepakati bersama di depan. Untuk perubahan cat masih bisa dilakukan selama belum melakukan pengecatan,” ujar Nesia.

Jika kendaraan sudah jadi dan pembayaran sudah dilunasi, New Armada akan mengirimkan kendaraan yang sudah jadi ini ke konsumen. Jika konsumen ingin mengambil sendiri, bisa diambil di pabrik New Armada di Magelang.

“Biasanya diantar ke konsumen. Konsumen berasal dari kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, juga luar pulau Jawa. Kami lakukan pengiriman kendaraan ke seluruh Indonesia,” ujar Niesa.

Biaya pembuatan foodtruck bervariasi sesuai dengan desain yang diinginkan konsumen. Harga termurah berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 200 juta-an sesuai dengan spesifikasi dan mobil yang digunakan. Biaya ini hanya pengerjaan karoseri, di luar nilai kendaraan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa