Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sebab Lain Mobil Diesel Bisa Masuk Angin

Stanly Ravel - Jumat, 1 April 2016 | 15:50 WIB

Jakarta, Otomania - Penyakit "masuk angin" yang menyerang mobil diesel bisa disebabkan banyak hal. Selain karena habisnya solar pada tangki bahan bakar, kasus lain yang menyebabkan angin palsu masuk ke dalam sistem bahan bakar karena adanya kebocoran pada selang bahan bakar.

"Umumnya untuk mobil diesel yang sudah berumur masuknya angin juga bisa disebabkan akibat selang bahan bakar yang bocor. Meski hanya sedikit saja, tetap memungkinkan angin bisa masuk ke dalam," ucap Arifani Perbowo, GM Product Development PT Kia Mobil Indonesia kepada Otomania, Kamis (31/3/2016).

Mobil diesel yang sudah melewati usia delapan sampai 10 tahun, menurutnya memang rawan dengan hal ini. Selang terbuat dari materi karet, dengan kondisi yang berada di dekat mesin dan terus terkena hawa panas bisa membuat cepat getas.

"Saat sudah dalam kondisi rapuh dan getas, lama-kelamaan lapisan selang bisa menipis dan dan berlubang. Kebocoran ini yang membuat udara dari luar masuk ke dalam saluran bahan bakar sehingga saluran terinvasi angin," ucapnya.

Selain dari hal tersebut, cara lain angin masuk ke dalam saluran bahan bakar pada mobil diesel juga bisa disebabkan oleh faktor keteledoran ketika sedang membongkar mobil. Terutama pada sektor saringan solar, nosel dan ketika membuang air pada water sedimenter.


Pada saat komponen tersebut dibongkar, dalam posisi yang terbuka maka udara dari luar akan langsung masuk. Contoh, saat air dalam tampungan sedimenter akan dibuang, saat dibuka otomatis udara langsung masuk dan memenuhi area sistem pembakaran.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa