Kenali Penyakit Mobil dari Asap Knalpot

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 16 Maret 2016 | 08:25 WIB


Jakarta, Otomania
– Jangan langsung panik saat melihat mobil kesayangan mengeluarkan asap berwarna pada knalpot. Asap adalah indikator apa yang sedang terjadi pada mesin, terutama untuk mesin berbahan bakar bensin.

Diterangkan Dayat, Kepala Mekanik Bengkel Provis Ciputat, saat ditemui Otomania, Senin (14/3/2016). Menurutnya, asap adalah tanda pertama yang dapat dilihat apabila mesin kendaraan mengalami masalah.

Asap putih tipis biasanya keluar saat pagi hari, ini karena adanya penumpukan kondensasi di dalam saluran knalpot terutama saat udara dingin. Pemilik kendaraan tidak perlu khawatir karena hal ini bersifat sementara dan tidak menimbulkan masalah.

Namun Jika asap yang keluar berwarna hitam, ini merupakan indikasi pembakaran mesin yang tidak sempurna. Bahan bakar terlalu banyak pada ruang pembakaran akibatnya mesin tidak dapat mengeluarkan performa tertingginya dan konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Penanganan masalah ini ada pada filter udara yang kotor dan komponen seperti sensor yang tidak bekerja, kompresi mesin yang berkurang, nyala busi yang kecil dan fuel pressure regulator.

Hal yang sama dilakukan jika melihat knalpot mengeluarkan asap putih secara terus menerus. Asap ini timbul karena kebocoran pada ruang pendingin dan masuk ke ruang pembakaran. Cek kondisi air pendingin dan tambahkan air jika volumenya berkurang.

Masalah ini terbilang serius karena jika dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan kerusakan pada cylinder head dan retaknya cylinder block serta overheat pada mesin. Segera bawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan penanganan dengan segera.

Satu lagi adalah asap kendaraan berwarna sedikit kebiru-biruan cenderung hitam. Ini artinya ada oli mesin yang masuk ke ruang pembakaran. Penyebabnya adalah katup sil atau ring piston yang telah aus sehingga oli merembes masuk ke ruang pembakaran.

“Keputusan apakah harus harus turun mesin atau tidak dapat diambil setelah melihat kondisi head mesin. Jika terlihat silinder masih bagus, kemungkinan kebocoran hanya pada sil klep dan tidak perlu turun mesin,” ujar Dayat.

Hadirnya asap pada kendaraan harus segera ditangani oleh mekanik pada bengkel yang dipercaya karena jika tidak kerugian lebih besar siap dihadapi.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X