Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat Waterpump Mobil, Perhatian Air Coolant

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 1 April 2016 | 09:01 WIB

Jakarta, Otomania -   Perangkat waterpump atau pompa air pada sistem pendingin memiliki peran cukup penting. Salah satu bagian sistem pendingin ini memiliki tugas mengalirkan air pendingin ke seluruh bagian mesin kendaraan.

Namun kerusakan juga dapat menghinggapi perangkat ini, seperti usia pakai, dan cacat produk yang berujung pada kegagalan kerja waterpump.

“Tapi untuk merawat waterpump ini sebenarnya dilakukan jauh sebelum kerusakan. Perawatannya hampir sama dengan perawatan radiator,” ujar Misdi, mekanik Duta Mas Fatmawati, saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Guna merawat bagian waterpump ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Unsur utama dalam kerja waterpump adalah air pendingin atau coolant. Sebaiknya gunakan air pendingin yang bermutu baik dan sesuai spesifikasi. Jangan gunakan hanya gunakan air karena nantinya waterpump dapat mengalami karat dan akhirnya rusak.

Salah satu tindakan perawatan adalah menguras radiator sekala berkala. Misalnya setahun sekali. Hal ini untuk mengganti air dalam radiator dengan air pendingin yang lebih segar.

Terakhir, biasakan untuk memeriksa volume air radiator. Jangan sampai air radiator kurang atau habis karena ini akan membuat kinerja pendingin berkurang dan akhirnya dapat merusak waterpump dan mesin.

“Jika waterpump rusak jalan satu-satunya adalah mengganti baru. Oleh karena itu perawatan berkala jauh sebelumnya penting dilakukan,” tutup Misdi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa