Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bahaya Pasir Sisa Hujan pada Mesin Sepeda Motor

Stanly Ravel - Jumat, 12 Februari 2016 | 16:34 WIB

Jakarta, Otomania - Selain air hujan ada hal lain yang harus diwaspadai adalah kotoran yang menempel pada bagian-bagian sepeda motor. Membiarkan kotoran berupa pasir dan kerikil halus akan menyebabkan kerak di sektor luar mesin.

Bahayanya adalah ketika terjadi kebocoran oli pada blok mesin karena gasket atau paking motor yang sudah rusak. Pasir halus bisa masuk ke dalam mesin ketika membiarkan mesin pada keadaan kotor.

"Kotoran dari hujan biasanya itu pasir halus, bila sampai masuk ke dalam mesin akibat kebocoran dari blok bisa menyebabkan kerusakan serius pada mesin motor," ucap Slamet Pamuji dari Selta Motor kepada Otomania, Jumat (12/2/2016).

Menurutnya, hal ini sama saja ketika pasir atau krikil masuk ke dalam kaliper rem depan yang bisa membuat baret piringan cakram. Ketika kotoran masuk ke dalam mesin maka efeknya bisa membuat baret dinding blok silider sampai pistonnya.


"Akibatnya bisa rusak karena sifat pasir yang bercampur dengan oli itu "ngumpul" bikin gumpalan. Bahayanya kalau sampai masuk ke ruang gir transmisi, yang jelas wajib turun mesin untuk dibersihkan," ucap Slamet.

Karena itu disarankan kepada pengguna motor rajin mengecek dan membersihkan sekeliling blok mesin, terutama bagian kopling dan magnet. Jangan sampai pasir masuk ke dalam mesin, bila ada kerusakan pada paking.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa