Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dibeli TNI, Fin Komodo Jadi Mobil Tempur

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 30 Maret 2016 | 06:53 WIB

Jakarta, Otomania – Lama tidak terdengar kabar, perusahaan otomotif dalam negeri, PT Fin Komodo Teknologi, ternyata telah membuat unit khusus untuk kendaraan tempur TNI. Basis kendaraan yang digunakan untuk mobil tempur ini adalah Fin Komodo.

Dewa Yuniardi, Marketing PT Fin Komodo, saat ditemui di sela pameran industri otomotif INAPA 2016, di JI Expo Kemayoran, Selasa, (29/3/2016) mengatakan, mobil taktis ini dikembangkan dengan kerjasama Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat. Proses pengembangan yang dilakukan sejak 2013 tersebut menginginkan kendaraan yang sanggup menjadi kendaraan intai tempur.

“Sudah digunakan TNI, ini artinya kualitasnya bagus. Pemesanan sejak awal tahun namun soal jumlah saya tidak bisa menyebutkan,” ungkap Dewa.

Guna memenuhi spesifikasi TNI, bobot Fin Komodo produksi Cimahi yang semula 400 kg melonjak menjadi 600 kg. Hal ini terjadi karena adanya penambahan fitur seperti penggunaan kaca antipeluru hingga penambahan tempat senjata.

“Kendaraan ini tidak untuk dijual umum. Kalau memang dijual mungkin sekitar Rp 300 juta. Ini jelas bukan harga untuk konsumsi pasar biasa,” terang Dewa.

Meski mengalami perubahan dan penambahan bahan, Fin Komodo TNI ini tetap menggunakan mesin empat langkah dengan kapasitas 250 cc bertenaga 14 dk dan torsi 17,6 Nm.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa