Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Pabrik Mobil Nasional Fin Komodo di Cimahi

Stanly Ravel - Senin, 7 September 2015 | 14:02 WIB

Cimahi, Otomania - Meski berskala micro, tapi PT Fin Komodo Teknologi sudah mampu memproduksi mobil cruiser andalannya secara konsisten. Dengan lahan pabrik yang hanya 1.000 meter persegi, berdiri di jalan Kolonel Masturi 106 A, total mobil yang dilahirkan mencapai 120 unit dalam satu tahun.

"Semua unit kita kerjakan di Cimahi. Dalam tiga hari kita mampu produksi satu unit mobil, bila diakumulasi setahun berarti 120 unit," ucap Ibnu Susiolo Presiden PT Fin Komodo kepada Otomania, Cimahi (5/9/2015).

Semua proses dilakukan dalam satu lokasi yang terbagi dalam beberapa fungsi dan fasilitas. Para tenaga ahli serta insinyur lokal dilibatkan hingga akhir produksi untuk menjamin kualitas dari kendaraan yang diciptakan.

"Disini (Cimahi) kita punya 37 tenaga ahli yang mengerjakan hingga tahap akhir. Mulai dari desain dan anailisis, proses produksi, asembling, QC, bahkan sampai aftersales setelah mobil dikirim ke pengguna," ujarnya.

Pengembangan

Dalam perjalananya, Fin Komodo sudah melakukan pengembangan dan riset selama lima tahun. Dimulai dari prototipe pertama hingga yang saat ini yang sudah diproduksi masalah generasi keempat pada 2011.

"Pengembangan kita lakukan selama lima tahun sampai mendapatkan konfigurasi yang paling optimal. Optimal disini dalam hal keselamatan dan kenyamanan yang kami utamakan, setelah itu kehandalan sampai tingkat kemudahan dalam perawatan," ucap Ibnu.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa