Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Knalpot Motor "Nembak-nembak"

Stanly Ravel - Senin, 28 Maret 2016 | 14:25 WIB

Jakarta, Otomania - Bagi pemilik sepeda motor yang sering mengeluarkan suara seperti tembakan dari knalpot, jangan langsung menuduh bahwa hal tersebut dikarenakan masalah busi, tapi cek dulu keseluruhanya. Hal yang paling utama adalah melihat kondisi paking knalpot.

Sama dengan komponen lain pada motor, paking knalpot juga punya usia pakai. Sayang komponen ini sering dilupakan oleh pemilik motor. Padahal mempunyai peran besar untuk menjaga tekanan kompresi mesin tetap padat.

Paking knalpot menjadi jembatan antara leher pipa knalpot ke silinder head pada mesin. Dengan material asbes yang tahan panas, paking berfungsi menjaga aliran udara dari hasil pembakaran di mesin ke knalpot yang menjadi pembungan tetap mengalir tanpa adanya kebocoran udara.

"Meski tahan panas, tapi paking juga tetap punya usia pakai. Secara ukuran pasti memang tidak ada kejelasan kapan waktu ganti paking, tapi lebih baik pemilik motor mengecek kondisinya paling tidak enam sampai delapan bulan sekali, apalagi bagi yang suka gonta-ganti knalpot," ucap Bie Hau Product Manager Pro Speed saat dihubungi Otomania, Minggu (28/3/2016).


Selain menjaga kompresi mesin tetap stabil dari hasil pembakaran, paking knalpot juga berfungsi memaksimalkan fungsi catalitic converter yang terdapat pada knalpot kendaraan. Kondisi paking yang baik, membuat fungsi penyaringan beberapa kandungan atau senyawa yang berbahaya, seperti hidrokarbon (HC) lebih maksimal.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa