Strategi Sony Audio Cegah Peredaran Barang Palsu

Stanly Ravel - Senin, 28 Maret 2016 | 11:35 WIB

Jakarta, Otomania - Selain memiliki produk in-home entertainment, Sony juga memiliki produk instalasi audio untuk mobil. Seiring perkembangnya, saat ini pun sudah mulai banyak barang aspal (asli tapi palsu) yang ditawarkan di pasaran, bahkan beberapa langsung ditempel dengan merek Sony.

Untuk mengantisipasi hal ini, Sony sudah punya cara menangkal peredaran barang palsu yang bisa merugikan konsumenya. Terlebih untuk beberapa produk yang memang rawan untuk dipalsukan.

"Peredaran barang palsu sudah cukup banyak, ini jadi fenomena yang susah dicegah apalagi kalau sudah masuk ke pasar. Untuk produk asli keluaran Sony kami sudah lengkapi dengan nomor seri. Hal ini berguna untuk mengidentifikasi produk apakan benar barang Sony atau bukan," ujar Head Project Sony Hi-Res Audio Indonesia Chandra Budiman kepada Otomania, Kamis (24/3/2016).

Dengan nomor seri yang tertera, menurut Chandra bila konsumen ragu bisa langsung menghubungi kantor pusat Sony untuk memastikan produk yang akan dibeli. Bila ternyata nomor tidak diketahui bisa dipastikan bahwa itu merupakan barang palsu.


Selain dari nomor seri, Chandra juga mengingatkan saat akan membeli produk Sony selalu tanyakan masalah garansi. Bila penjual tidak bisa memberikan penjelasan serta keterangan terkait klaim garansi maka konsumen disarankan untuk tidak membelinya.

"Kalau sampai saat ini untuk produk Sony sendiri memang masih jarang yang dipalsukan, tapi umumnya yang paling sering itu power dan speaker. Mereka bisa membuat barang hingga mirip sekali dengan produk asli, dan baru akan diketahui saat sudah dipasang dari kualitas suara yang dihasilkan pasti beda jauh dengan yang asli," papar Chandra.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa