Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Tradisional Merawat Sokbreker

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 17 Maret 2016 | 15:06 WIB


Jakarta, Otomania – Peredam kejut atau sokbreker pada sepeda motor merupakan komponen penting untuk menjaga kenyamanan juga keselamatan dalam berkendara. Letaknya di bagian bawah kendaraan semakin mudah ditempel kotoran terlebih saat hujan.

Zulfaizal, teknisi peredam kejut merek Ohlins, saat ditemui Otomania, Selasa (15/3/2016) memberikan cara sederhana untuk merawat peredam kejut di musim hujan.

Alat yang dibutuhkan untuk perawatan sokbreker adalah air bersih dan sikat gigi atau kuas. Saat membersihkan, perhatian lebih ditujukan pada komponen dust seal pada peredam. Dust seal adalah karet yang terdapat pada sokbreker untuk menjaga komponen dalam dari kotoran. Karet ini juga untuk menjaga oli di dalam peredam supaya tidak keluar

Caranya, bagian ini cukup dibilas dengan air bersih, disemprot dengan tekanan air yang tidak terlalu kuat.

Kemudian pada as atau peredam lain dibersihkan menggunakan sikat gigi atau kuas tanpa perlu melepas peredam. Proses penggunaan sikat atau kuas jangan terlalu kuat. Tujuannya agar tidak as tidak lecet. Lakukan perawatan ini secara berkala terutama setelah penggunaan kendaraan usai berkendara saat hujan.

“Bagian terpenting adalah dust seal agar dibersihkan supaya kotoran tidak masuk ke dalam oil seal. Kerusakan terparah adalah kebocoran akibat masuknya kotoran ke dalam peredam,” ujar  Zulfaizal.

Tahan lama

Selain perawatan, hindari jalan berlubang untuk menjaga peredam dari kebocoran. Jika terpaksa harus melintas sebaiknya tidak terlalu kencang. Langkah tersebut guna membuat beban kerja peredam tidak terlalu berat.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa