Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Curhat Rio Soal Format Baru Kualifikasi F1

Aditya Maulana - Selasa, 15 Maret 2016 | 11:45 WIB


Jakarta, Otomania
– Balapan Formula 1 (F1) musim 2016. akan ada beberapa hal berbeda, seperti layout knalpot, batasan mesin, keamanan kokpit, hingga ban. Tapi ada masalah baru yakni soal kualifikasi dengan format beda yang sedang dipermasalahkan para pebalap dan tim, termasuk Rio Haryanto dan Manor Racing.

Kualifikasi berdasarkan sistem eliminasi ini sudah disetujui, dengan tetap memakai tiga segmen asih dipertahankan. Hanya saja kali ini memakai format berbeda. Kualifikasi pertama berjalan 16 menit, dalam 7 menit pebalap paling lambat akan tereliminasi.

Setelah itu setiap 90 detik sekali pebalap paling lambat akan tereliminasi sampai berakhirnya sesi dan 15 mobil tersisa.

Menurut Rio, model kualifikasi ini benar-benar baru dan banyak tim yang tidak setuju. Sebab, akan mempersulit, tetapi dirinya berkeyakinan kalau mampu melewati rintangan itu.

“Nanti dari sesi kualifikasi itu dalam 7 menit pertama, siapa yang paling pelan mobilnya pasti tereliminasi, kemudian masuk ke 7,5 menit sampai 15 menit akan sangat complicated,” ujar pebalap dengan nomor mobil 88 itu di Kantor Pusat Pertamina, di Jakarta Pusat, Senin (14/3/2016).

Meski demikian, pebalap 23 tahun itu akan terus berjuang semaksimal mungkin agar mendapatkan keuntungan pada saat sesi kualifikasi. “Jadi harus dapat sirkuit on time dan tidak terkena kendala traffic atau yellow flag,” ungkap Rio.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa