Cara Cegah Karat pada "Power Window"

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 12 Maret 2016 | 07:55 WIB


Jakarta, Otomania
– Komponen yang penting untuk kenyamanan pengendara dalam mobil adalah power window. Alat ini memudahkan pengemudi untuk membuka kaca dengan menekan tombol, dibandingkan dengan sistem engkol. Namun layaknya komponen elektronik lainnya, power window tidak terbebas dari masalah.

Hendra, mekanik Duta Mas Fatmawati, saat ditemui Otomania, Kamis (10/3/2016), mengatakan, masalah paling sering yang berkaitan dengan power window adalah pada komponen motor. Ketika komponen ini macet, kaca tidak akan terbuka atau tertutup ideal.

Biasanya salah satu penyebab paling sering, adanya karat pada motor power window atau masalah kelistrikan. Guna menyelesaikan masalah ini, memang diperlukan teknisi ahli yang biasa menangani power window.

Pencegahan

Namun, bukan berarti masalah ini tidak bisa dihindari pemilik mobil. Caranya, adalah dengan melakukan pemeriksaan pada karet kaca jendela. Jika karet yang biasanya menjadi rel untuk kaca bergerak sudah keras maka perlu diganti untuk menghindari rembesan air masuk ke bagian mekanis power window.

Cara ini memang tidak langsung menyembuhkan motor power window, namun dapat mencegah kerusakan di kemudian hari.

Hendra juga menambahkan, power window pada jendela selain pengemudi biasanya jarang digunakan. Hal ini malah akan membuat karet pada jalur kaca jendela mengeras dan berpotensi karat. Solusinya adalah mengoperasikan power window pada jendela penumpang setiap hari saat menggunakan kendaraan.

Oleh karena itu perawatan karet sil pada kaca cukup penting untuk power window. Di pasaran saat ini telah tersedia pelumas untuk melunakkan karet, silahkan dipilih sesuai dana yang tersedia. Penggunaan gemuk untuk karet kaca tidak disarankan karena jika penggunaannya berlebih maka akan menimbulkan noda pada kaca.

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa