Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Tuas Kaca Manual dengan Power WIndow

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 3 September 2015 | 07:02 WIB

Jakarta, Otomania
– Membuka atau menutup kaca mobil secara manual terasa merepotkan, terlebih sedang dalam situasi berkendara. Mengganti tuas kaca mobil manual menjadi power window bisa menjadi solusi. Coba simak artikel berikut ini.

Bila berniat mengganti tuas kaca manual jadi power window, coba sambangi bengkel Bangun Persada Motor yang berlokasi di Jalan Pramuka Nomor 137 Jakarta Timur. Bengkel ini menyediakan jasa pemasangan power window.

“Bisanya untuk pemasangan baru kebanyakan dari pemilik Toyota Limo (eks taksi) dan Daihatsu Xenia yang masih menggunakan handle putar untuk membuka kaca. Bila diganti power window, pastinya buka tutup kaca bisa mudah dilakukan tanpa harus menganggu,” ujar Rois kepala bengkel BPM, kepada Otomania Rabu (2/9/2015).

Untuk dua mobil tersebut, ujar Rois, harga yang dibanderol berbeda tipis. Untuk Vios dibanderol Rp 10 juta, terdiri dari motor power window, saklar (switch), doortrim dan kabel-kabel original yang sudah disediakan, termasuk jasa pengerjaannya. Sedangkan untuk Xenia harga lebih murah yaitu sekitar Rp 9 juta.

“Meski terkadang untuk mengatasi kebutuhan dana, banyak yang meminta power window dengan kualitas biasa dengan harga Rp 3,5 juta, paket ini tidak termasuk door trim juga rangkaian kabelnya. Ini hanya motornya saja dan saklar yang ditempatkan di lubang handle putar lama yang sudah dilepas,” ujar pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1988 ini.

Rois menambahkan, lama pemasangan untuk satu mobil paling lama sekitar 24 jam.  Lamanya waktu dibutuhkan untuk mengurut jalur kelistrikan agar terpasang sempurna dan tepat, sehingga tidak cepat rusak atau terjadi hubungan arus pendek.

“Pemasangan tidak boleh diburu-buru, karena pengerjaan harus teliti. Jadi pemilik kendaraan lumayan harus sabar menunggu, demi hasil yang maksimal. Saat ada konsumen yang datang kami selalu memberi pegertian seperti itu,” tutur Rois.

Kendaraan roda empat lain selain Vios Limo dan Xenia juga bisa dipasangkan, dengan harga power window juga tidak berbeda jauh.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa