Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Solusi Mengatasi Sabuk Pengaman Keras dan Kaku

Stanly Ravel - Jumat, 11 Maret 2016 | 18:15 WIB

Jakarta, Otomania - Seat belt atau sabuk pengaman yang sudah berusia di atas lima tahun kerap mengalami gejala seret bila akan digunakan. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa serat-serat pada sabuk mulai mengeras atau kaku.

Kalau dibiarkan terus-menerus, kondisi ini membuat kinerja seat belt kurang optimal. Padahal untuk menanganinya cukup mudah, tidak sampai perlu pergi ke bengkel spesialis.

"Sabuk seat belt biasanya terbuat dari fabric, yang secara umum sama seperti bahan pada jok mobil. Cara membersihkanya pun sama saja dengan membersihkan jok berbahan fabric," ucap Ade Muhammad Arbi dari Defensive Indonesia kepada Otomania, Selasa (8/3/2016).

Menurutnya, untuk membersihkan sabuk pengaman bisa menggunakan cairan khusus seperti saat membersihkan jok fabric. Cara lain yang lebih mudah dengan menggunakan air dicampur sabun.

"Air yang dicampur sabun bisa digunakan untuk membersihkan sabuk pengaman. Cukup diusap pakai kain lap ke permukaan sabuk. Bila ada noda, sikat menggunakan sikat gigi, jangan pakai sikat baju karena kasar bisa merusak serabutnya," paparnya.

Setelah selesai, tinggal tunggu sabuk kering dengan sendirinya. Jangan menggunakan suhu AC atau dengan cara menjemur melalui sinar matahari. Setelah kering permukaan sabuk yang tadi keras dan kaku bisa kembali lunak.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa