Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Persiapan untuk Konvoi!

Setyo Adi Nugroho - Sabtu, 5 Maret 2016 | 15:08 WIB


Jakarta, Otomania
– Kesenangan berkumpul dengan teman-teman dengan kegemaran yang sama atau komunitas otomotif untuk berkegiatan ke suatu tempat sering kali membutuhkan persiapan yang matang. Selain fisik kendaraan yang wajib disiapkan, beberapa elemen lain adalah waktu persiapan.

“Perencanaan yang matang mulai dari detail rute, cuaca, tempat istirahat, dan pemikiran risiko bahaya membuat kegiatan konvoi dapat berlangsung tanpa kejadian yang tidak diinginkan,” jelas Sony Susmana, Assesor Safety Driving SDCI, saat dihubungi Otomania, Jumat (4/3/2016).

Unsur pertama adalah rute perjalanan. Persiapan dilakukan dengan melakukan survei mencari rute terpendek dan teraman. Kenali daerah yang akan dilalui dan bagaimana perilaku peserta konvoi apakah akan ada kesulitan saat berkonvoi atau harus dicarikan jalan lain.

Cuaca juga berperan penting. Perkirakan bagaimana cuaca saat acara konvoi apakah berbahaya disaat hujan atau memerlukan ekstra peralatan untuk melewati rute saat cuaca berubah.

Tempat istirahat. Rencanakan juga tempat untuk rombongan berhenti berkendara. Biasakan untuk mengemudi maksimal dua jam perjalanan dan beristirahat setelahnya.

Risiko bahaya. Perencanaan matang tentu akan memikirkan risiko yang akan dihadapi saat berkonvoi. Hal-hal seperti keadaan lalu lintas, kondisi jalan raya, tanah longsor bisa menjadi peringatan untuk mempersiapkan segala kebutuhan selama perjalanan.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa