Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Aman Sepeda Motor Libas Genangan Air

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 3 Maret 2016 | 18:39 WIB


Jakarta,Otomania
- Banyak kendala yang dijumpai saat berkendara di tengah hujan. Selain air yang menghalangi visibilitas, kendala banyak dijumpai dari jalan. Aspal licin ditambah pasir dan berlubang serta genangan air yang membahayakan.

Untuk yang terakhir ini, banyak pengendara malah memacu kendaraan lebih cepat. Tujuannya adalah untuk memecah genangan air tersebut. Tapi hal tersebut sebenarnya merugikan karena tak jarang sepeda motor malah mogok di tengah genangan air.

"Motor yang melewati genangan air misal jenis motor bebek sering kali mati di tengah melewati genangan air, padahal sudah melaju cepat dari jauh. Hal ini sebenarnya terjadi karena salah kaprah," ujar Machfudz Bahar Kusuma, Kepala Mekaning Bengkel Kawasaki Pondok Bambu saat ditemui Otomania,Kamis (3/3/2016).

Saat melaju kencang di genangan, air malah bisa masuk ke karburator melalui celah filter udara. Jika sudah demikian maka mesin bisa mati karena adanya air di ruang pembakaran.

Melewati genangan air sebenarnya cukup mudah. Gunakan gigi rendah dan buka gas secara perlahan saat melaju melewati genangan air pelan-pelan. Pertahankan gas di putaran tinggi hingga akhirnya kendaraan berjalan perlahan melewati genangan air.

Memacu motor dengan kecepatan tinggi melewati genangan air jelas berbahaya. Kemungkinan terjatuh saat menerjang air ditambah apabila terkena lubang yang tersembunyi bisa fatal.

"Melewati genangan air juga sebenarnya hati-hati karena kita tidak tahu apakah ada lubang atau tidak. Jika genangan terlihat tinggi maka sebaiknya tidak memaksakan sama sekali untuk melanjutkan perjalanan," tutup Machfudz.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa