Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rio Haryanto Siap Geber MRT05 Lagi

Stanly Ravel - Senin, 29 Februari 2016 | 16:28 WIB

Barcelona, Otomania - Setelah melakukan tes perdana pekan lalu, Rio Haryanto akan kembali menjali tes keduanya pada 1-4 Maret mendatang. Pemuda asal Solo Jawa Tengah tersebut akan menjalini dua sesi latihan selama dua hari bersama MRT05 di Sirkuit yang sama, Catalunya-Barcelona.

Pada sesi awal, Rio dua kali mengalami insiden dan yang terakhir sampai menyebabkan mobil balapnya megalami kerusakan serius. Dilansir dari gpupdet.net dan crash.net, dirinya mengatakan bahwa masih dalam tahap belajar dan akan belajar banyak dari pengalaman di sesi latihan perdana.

"Masih ada dua hari lagi untuk latihan, saya akan belajar banyak sebaik mungkin sebelum ajang Grand Prix pertama," ucap Rio yang dilansir Crash.net.

Menurut Rio, proses penyesuaian antara balap GP2 yang pernah dilakoninya ke ajang balap F1 memiliki perbedaan besar. Perlu adaptasi dengan banyak pihak yang terlibat di dalam tim.

"Perbedaannya besar dari GP2 ke F1 tapi ini menarik. Di GP2 saya hanya bekerja dengan dua insinyur, tapi di Formula 1 saya harus bekerja minimal 30 atau sampai 40 insinyur, sehingga banyak orang yang terlibat. Ada banyak prosedurnya, ini jadi perubahan besar dan saya akan mulai terbiasa," ucap Rio kepada gpupdate.net.

Menurutnya pengalaman saat balap di GP2 dan GP3 merupakan sesuatu yang sangat berharga meski memiliki perbedaan yang besar. Pada balap F1 setting-an mobil selalu berubah dan perlu waktu cepat untuk beradaptasi untuk membiasakan diri.

"Setiap mulai keluar lintasan, setting-an mobil selalu berubah. Hal ini membuat saya harus berusaha keras untuk mendapatkan hasil maksimal, bagi saya dan mobil saya. Akibatnya, saya melakukan kesalahan. Saya harus berlajar dari dan tidak mengulanginya," ujar Rio.

Sebelumnya, Direktur Monor Racing Dave Ryan juga ikut mengomentari soal insiden mobil melintir yang dialami Rio pada dua sesi latihan. Dirinya mengatkan bahwa hal tersebut cukup wajar.

“Sejujurnya, malah saya akan terkejut jika dia (Rio Haryanto) tidak memiliki insiden pada sesi latihan. Kemudian, selama dia belajar dari insiden tersebut, itu akan baik-baik saja. Ini tidak merugikan kami, mari kita ikuti saja dahulu dan melihat bagaimana hasilnya kemudian," ujar Dave

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa