Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Hasil Tes Konsumsi BBM Yamaha Xabre

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 20 Februari 2016 | 09:49 WIB

Jakarta, Otomania –
Berkesempatan untuk menjajal Yamaha Xabre selama beberapa hari, Otomania memanfaatkannya juga untuk menakar konsumsi bahan bakar produk sport 150cc terbaru ini. Saat melakukan test ride di jalan umum, Otomania berkendara layaknya pengendara umum lainnya, santai dan terkadang agresif.

Bobot tubuh Otomania sebagai penunggang sebesar 95kg. Metode penghitungan  yang dilakukan yaitu full to full. Prinsip penghitungan tersebut yaitu banyaknya kilometer jarak yang ditempuh dibagi dengan banyaknya bahan bakar yang digunakan.

Namun kali ini, proses penghitngan menjadi sedikit lebih panjang, pasalnya Otomania keliru mencatat km pada saat pengisian bensin full kedua. Seharunya mencatat km pada layar odometer, Otomania malah mencatat data km pada trip 1. Namun tidak perlu khawatir, karena jumlah jarak tempuh masih tercatat pada layar trip 1. Jadi penghitungan jarak dilakukan setelah sepeda motor berhenti dites.

Secara sistematis, hitung-htungan diawali dari mencatat data odometer Xabre saat pertama kali diisi penuh bensin jenis Pertamax yaitu di 897km. Kemudian pada pengisian penuh kedua, data jarak pada trip 1 menunjukkan angka 398,7km (seharusnya data odometer yang dicatat), dengan jumlah bensin yang terisi 5,9 liter.

Dari situ Otomania masih melakukan perjalanan sepanjang 77,8 km, hingga titik pemberhentian terakhir. Angka 77,8 sendiri, didapat dari selisih antara data km yang terekam pada trip 1 adalah 398,7 km (yang diambil setelah pengisian kedua) dan data trip 1 ketika perjalanan bersama Xabre berakhir, tepatnya  476,5 km.

Kemudian data odometer pada pemberhentian terakhir berada di angka 1.183 km. Lalu selisih yang didapat antara data odometer awal (897 km) dan akhir 286 km. 

Masih berlanjut, 286km tersebut kemudian harus dikurangi kembali dengan 77,8 km (jarak yang masih ditempuh setelah melakukan pengisisan bensin kedua, pada data trip 1). Dari situ, proses penghitungan menghasilkan jarak tempuh total 208,2 km.

Dari hasil akhir proses pengurangan tersebut, kemudian dilakukan pembagian terhadap jumlah bensin saat melakukan pengisian penuh kedua, yaitu sebanyak 5,9 liter. Sehingga didapatkan hasil konsumsi bahan bakar Yamaha Xabre di 35,28 km per liter.

Jadi lengkapnya

{(odometer akhir-odometer awal) - (trip 1 akhir-trip 1 awal)} : jumlah bahan bakar = konsumsi bahan bakar km/liter

{(1.183km –  897km) – (476,5km - 398,7km)} : 5,9 liter = 
(286km - 77,8km) : 5,9 liter = 
208,2km : 5,9 liter = 35,28 km per liter

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa