Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sensasi Mesin 3 Silinder Mitsubisi Mirage

Stanly Ravel - Rabu, 10 Februari 2016 | 15:10 WIB

Jakarta, Otomania - Bermain di segmen city car, berbekal mesin 1.2L, 3 silinder, membuat Mitsubishi Mirage tidak memiliki kompetitor yang imbang. Sekilas banyak orang menganggapnya serupa dengan mobil low cost green car (LCGC), tapi bicara soal performa dan kenyamanan sangat berbeda jauh.

Meski memiliki basis mesin 3 silinder dengan kapasitas 1.200 cc, tapi teknologi MIVEC yang dimiliki mampu memberikan sensasi yang bertenaga. Otomania beberapa waktu lalu sempat menjajalnya dan sudah merasakan sendiri bagimana performa Mirage ketika melintas di ruas jalan tol menuju BSD, Tanggerang.

Berdasarkan data di atas kertas, mesin Mirage mampu mengolah tenaga hingga 75 tk pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm di 4.000 rpm yang ditransfer menggunakan transmisi CVT INVECS III 6 percepatan. Paduan ini tebukti ampuh menghasilkan performa dan keiritan yang cukup baik untuk mobil bertubuh mungil ini.

Saat menekan gas lebih dalam, tenaga di putaran bawah terasa mantap. Dimensi bodi yang kompak berarti bobot yang ringan, sehingga berkendara dengan jumlah dua orang, terasa seolah tidak pernah kehabisan tenaga. Bobot ringan korelasinya juga pada efesiensi bahan bakar.


Dengan racikan rasio yang pas membuat Mirge cukup nikmat ketika dihadapkan dengan posisi stop and go, tak perlu terlalu dalam menekan pedal gas cukup dengan sentuhan ringan sudah bisa mengerakan mobil. Namun karakteristik khas CVT memang masih melekat, yakni sedikit lambat pada putaran awal.

Lincah Bermanuver

Salah satu kelebihan lain yang paling dominan terasa dari dimensi bodi kompak Mirage adalah kemampuannya bermanuver di jalan. Dukungan electronic power assist serta suspensi MacPherson pada bagian depan dan torsion beam di belakang membuatnya lincah saat menyalip beberapa kendaraan di depan.

Secara otomatis hal ini pun membuatnya cukup nyaman ketika menelusuri kemacetan Ibu Kota. Selain kemudi yang cukup nyaman, radius putar 4,6  meter juga membuat Mirage lebih mudah saat bermanuver.

Transmisi B

Beda dengan tipe mobil CVT lain di kelasnya, Mirage memiliki pilihan transmisi B (brake) yang berfungsi untuk membantu sistem pengereman. Sistem kerjanya bisa diibaratkan layaknya engine brake pada transmisi manual yang digunakan saat darurat.

Selain itu, dengan adanya posisi transmisi B ini juga bisa membantu saat mobil melintas di jalur tanjakan curam yang membutuhkan tenaga dan rasio lebih besar serta ketika turunan untuk menahan agar mobil tidak nyelonong.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa