Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konsumsi BBM Mitsubishi Mirage Tembus 18,4 Kpl

Stanly Ravel - Rabu, 20 Januari 2016 | 08:49 WIB

Jakarta, Otomania - Peruntukannya sebagai mobil kota membuat Mitsubishi Mirage memiliki beberapa keunggulan, salah satunya dalam hal konsumsi bahan bakar yang irit. Guna membuktikan hal tersebut, Otomania melakukan pengetesan sekaligus merasakan sensasi mengendarainya di dalam kota.

Berbeda dari city car lain yang menggunakan mesin 4 silinder, Mirage hanya dibekali mesin berkapasitas 1.193 cc 3 silinder MIVEC. Meski banyak yang beranggapan bahwa mesin tiga silindernya serupa dengan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC), tapi bicara soal tenaga tentu berbeda.

Sesuai fungsi sebagai mobil kota, pengetesan pun cukup dilakukan di dalam kota dengan jarak tempuh 100 km menggunakan bahan bakar Pertamax. Setelah mereset odometer rata-rata konsumsi dan jarak tempuh di layar kecil pada panel istrumen, Otomania memulai perjalanan bersama dua orang penumpang menelusuri padatnya jalur perkotaan dengan kondisi pendingin udara di angka 20 derajat dan satu tingkat blower.

Kawasan Tebet, Kuningan, dan Pejompongan menjadi rute awal yang dilewati. Bagi yang sering melintasi daerah ini, tentu tahu bagaimana kemacetannya, oleh karena itu metode berkendara juga lebih santai.

Padatnya kondisi membuat Mirage sering dihadapkan dengan posisi stop n go, untung meski dibekali mesin kecil torsinya cukup bertenaga yang membuat tarikan awal lebih responsif. Setelah hampir 2 jam bergelut dengan kemacetan akhirnya Otomania memutuskan masuk tol dalam kota arah Tol Wiyoto Wiyono untuk meneruskan menuju Kemayoran, Jakarta Pusat.

Beda dengan jalur biasa, di jalan tol dengan kondisi ramai lancar membuat pola berkendara cenderung konstan pada kecepatan 60 sampai 80 kpj. Namun, sesekali menjadi lebih agresif ketika ingin menyalip kendaraan di depan dengan menekan pedal gas lebih dalam sekaligus merasakan sensasi teknologi transmisi CVT INVECS III 6-pecepatan otomatis yang ternyata cukup halus di tiap perpindahan gigi.

Keluar pintu tol Kemayoran, angka di speedometer hampir mendekati angka 100 km, kami mulai memperlambat laju kendaraan. Setelah tepat menyentuh 100 km, kalkulasi rata-rata pun di dapat dengan catatatan konsumsi bahan bakar di multi information display (MID) mencapai 18,4 kpl dengan posisi indikator yang bergeser sedikit dari semula.

Artinya Mitsubishi Mirage tipe Exceed yang Otomania kendarai hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menempuh jarak hingga 18,4 km. Angka ini tergolong menarik bagi sebuah mobil kota, tapi hal ini pun tak terlepas dari cara berkendara serta kondisi dari kendaraan yang digunakan itu sendiri.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa