Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upaya Pemerintah Gaungkan Bahan Bakar Gas

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 8 Februari 2016 | 11:31 WIB

Jakarta, Otomania –
Target pemerintah untuk menurunkan emisi gas buang kendaraan semakin dekat. Setidaknya pada 2025, pemerintah harus bisa menurunkan emisi sebesar 29 persen. Salah satu usahanya dengan menurunkan penggunaan BBM (bahan bakar minyak) dan beralih ke CNG (Compressed Natural Gas).

Ini seperti yang dikatakan I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (ILMATE), saat ditemui seusai konferensi pers di kantor Kementerian Perindustrian, Jumat (5/2/2016).

“Agar rencana itu cepat berjalan, hal pertama yang harus dilakukan yaitu segera bangun stasiun-stasiun pengisian. Karena kalau terlambat, ketika pemilik kendaraan sudah pindah ke CNG, namun pengisiannya tidak ada maka akan menyusahkan konsumen,” ujar Putu.

Kemudian yang kedua, lanjut Putu, yaitu komitmen Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) kendaraan roda empat, untuk ikut ke dalam program ini. Salah satunya dengan penjaminan layanan purna jual atau servis komponen konverter kit (alat tambahan yang dipasangkan agar mobil bisa menggunakan bahan bakar CNG).

“Kedua dari sisi kendaraannya sendiri, dan harus ada perusahaan mobil yang ikut ke dalam program ini. Agar akan ada yang bertanggung jawab ketika konverter kit ini rusak. Bahkan, tidak hanya perawatan, namun akan lebih baik jika pemasangan konverter kit ini sudah dilakukan di masing-masing pabrik tiap merek mobil,” ujar Putu.

Putu menambahkan, kalau begitu, maka pemasangan sudah tidak perlu lagi dilakukan sendiri oleh pemilik mobil. Lebih dari itu, layanan purna jual juga sudah ada yang menjamin, sehingga pemilik kendaraan akan percaya dan tidak berpikir panjang beralih ke CNG.

“Ada beberapa perusahaan yang bersedia dan saat ini dalam taraf uji. Kalau ini bisa diterima, nanti mereka yang akan langsung menjual. Untuk realisasi ini, kami ingin agar dilakukan secepatnya,” ujar Putu.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa