Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cadangan Gas Indonesia Cukup Sampai Ratusan Tahun

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 8 Desember 2015 | 09:31 WIB

Jakarta, Otomania -  
Perlu diketahui, dalam kebijakan energi nasional (Perpres Nomor 5 Tahun 2006), pemerintah menargetkan pada tahun 2025, penggunaan minyak bumi untuk bahan bakar berkurang 20 persen. Lalu penggunaan energi alternatif seperti gas bumi diharapkan mencapai lebih dari 30 persen.

I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian mengatakan, target tersebut diupayakan bisa terealisasi dengan baik. Jika dibanding dengan minyak bumi, cadangan gas alam Indonesia sangat besar.

“Cadangan gas alam milik Indonesia, masih cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai 100 tahun mendatang. Setidaknya seperti itu yang pernah saya dengar dari Kementerian ESDM,” ujar Putu kepada Otomania, pada peresmian produksi kembali bis berbahan bakar gas CNG (Compressed Natural Gas) merek Hino di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (27/11/2015).

Putu menambahkan, salah satu upaya Kemenperin untuk bisa mencapai target tersebut, yaitu dengan mendorong penggunaan bahan bakar gas untuk angkutan umum. Diharapkan dengan begitu, sedikit demi sedikit peralihan penggunaan BBM (bahan bakar minyak) ke BBG (bahan bakar gas) diharapkan bisa terlaksana.

“Selain itu, kami juga sudah membicarakan hal ini kepada para pabrikan yang memproduksi kendaraan pribadi, untuk bisa mulai melahirkan kendaraan berbahan bakar gas, secara massal. Namun, memang tidak akan bisa dalam waktu dekat. Karena akan butuh banyak biaya untuk pengembangan produk yang dimaksud,” ujar Putu.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa