Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Alasan Oli Vespa Harus Pakai SAE 5W-40

Aditya Maulana - Kamis, 4 Februari 2016 | 09:35 WIB

Jakarta, Otomania – Sebagian pengguna Vespa khususnya yang modern mungkin sudah tahu kalau ternyata oli mesin Vespa harus menggunakan SAE 5W-40. Bahkan, pada bagian bawah box CVT tertulis angka tersebut.

Manto, pemilik bengkel Scooter Layur menjelaskan, jika sudah ditulis seperti itu maka benar-benar tidak boleh dilanggar. Sebab, semua setingannya sudah disesuaikan dengan tingkat kental dan encernya suatu oli.

“Sederhananya, dalam satuan waktu oli dengan volume 1 liter harus bisa melumasi seluruh komponen. Jika tidak menggunakan ukuran tersebut, maka ada yang kurang,” kata Manto saat ditemui Otomania di Jalan Layur, No.88, Rawamangun, Jakarta Timur, akhir pekan lalu.


Oli dengan SAE 5W-40 itu, kata Manto sangat encer. Sehingga, jika menggunakan oli yang lebih kental, perputaran atau pada saat oli tersebut melumasi ada bagian yang belum terlumasi dan dampak jangka panjangnya akan berbahaya.

“Sudah pasti kalau menggunakan oli yang lebih kental sirkulasinya tidak akan berjalan dengan baik dan nantinya ada bagian yang rusak. Intinya, mau merek apa saja, diusahakan menggunakan SAE 5W-40,” ujar Manto.

Manto menyarankan, sebaiknya para pengguna Vespa menggunakan oli yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Sebab, pabrikan sudah tahu mana yang terbaik untuk sepeda motornya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa