Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Indonesia Pantang Jual Motor di Bawah Rp 10 Juta

Azwar Ferdian - Selasa, 2 Februari 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania - Bila Yamaha India sedang menyiapkan sepeda motor murah dengan banderol hanya Rp 6 jutaan, maka tidak demikian dengan Indonesia. India punya proyek Innovative and New Development based on Responsible Analysis (INDRA), yang berbeda dengan Indonesia.

Mohamad Masykur Asisten GM Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan bahwa pasar di India dan Indonesia berbeda. Bahkan disebutkan jika karakter dan selera konsumen juga jauh berbeda. Konsumen Indonesia sudah trauma dengan motor murah.

"Ingat motor China? Kelanjutannya bagaimana? Tidak bisa bila hanya murah terus akan laris di Indonesia. Setting harga memang penting bagi kami, tapi sepeda motor harus disesuaikan dengan permintaan konsumen," ujar Masykur di sela test ride Yamaha Xabre di Karting International Circuit, Sentul, Jawa Barat, Senin (1/2/2016).

Masykur mengatakan, bisa saya YIMM menyediakan sepeda motor murah, tapi diprediksi tidak cocok dengan keinginan konsumen.

Dirinya lantas memberi contoh produk bebek kompetitor yang dijual dengan versi murah di zamannya, namun tidak diterima pasar dengan baik.

Begitu juga saat YIMM memberikan kualitas cat yang baik, dipakai 1-2 tahun masih mengilat dibanding kompetitor. Saat akan disamakan agak mencapat biaya produksi setara, penolakan datang dari konsumen karena ada gengsi tersendiri.

"Bukannya tidak ada yang mau. Market-nya bisa ada saja, pasti. Cuma secara kualitas akan hancurkan kondisi yang sekarang sedang Yamaha bangun," ucap Masykur.

Editor : Azwar Ferdian
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa