Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gaya Berkendara Pengaruhi Keawetan Kampas Kopling

Stanly Ravel - Kamis, 21 Januari 2016 | 09:09 WIB

Jakarta, Otomania - Kampas kopling menjadi bagian pada sepeda motor yang memiliki masa pakai. Namun, tanpa disadari banyak hal yang membuat usia kampas jadi lebih cepat habis atau mengalami keausan, salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah cara pemakaiannya sendiri.

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) Ade Rohman, mengatakan selain memiliki masa pakai, usia kampas kopling bisa cepat habis bila saat pemakaian sehari-harinya juga salah. Terutama untuk motor yang memiliki tuas kopling manual pada stang kemudi.

"Pola berkendara serta cara menekan tuas kopling sangat berpengaruh pada keawetan kampas, karena sistem kopling bekerja saat motor berjalan. Contoh, bila saat berkendara terlalu sering menekan tuas kopling, atau saat berhenti di lampu merah lebih suka memasukan gigi dan menekan tuas kopling, tanpa disadari sistem kopling pada blok mesin akan tetap bekerja untuk menahan gerak laju kendaraan," kata Ade kepada Otomania, Minggu (17/1/2016).

Kebiasaan lain yang membuat kampas kopling motor cepat habis adalah dengan menekan setengah atau lebih sering disebut setengah kopling. Hal ini kerap terjadi bagi motor-motor yang sudah dimodifikasi dan sering kebut-kebutan, tapi tanpa disadari hal ini juga banyak dialami oleh pengendara umum yang suka menempatkan jari di tuas kopling.

"Saat kopling tertekan setengah, beban kerja yang diterima kampas akan jauh lebih besar. Kemungkinan untuk terkikisnya permukaan kampas lebih besar yang membuat umurnya lebih cepat habis," ucapnya.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa