Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waktu Ideal Mengganti Kampas Kopling Motor

Stanly Ravel - Rabu, 20 Januari 2016 | 10:29 WIB

Jakarta, Otomania - Kampas kopling memilki peran penting bagi sepeda motor bertransmisi manual. Saat mengalami keausan dampaknya bisa menyebabkan banyak masalah. Nah, untuk menghindari hal tersebut baiknya pemilik kendaraan wajib mengetahui masa pakainya.

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) Ade Rohman, mengatakan baiknya pergantian kampas kopling dilakukan saat jarak tempuh kendaraan sudah berada di kisaran 20.000 km. Hal ini karena menyangkut daya tahan dari komponennya yang sudah ditentukan.

"Kampas kopling untuk motor standar dengan pemakaian normal memilki masa guna sampai 24.000 km. Bila sudah menyentuh angka tersebut, segera melakukan pergantian kampas agar kinerja mesin tetap optimal," ucapnya saat dihubungi Otomania, Minggu (17/1/2016).

Meski demkian, Ade juga menerangkan ketentuan mengganti kampas berbeda-beda di tiap merek motor. Hal ini karena tiap pabrikan sudah memiliki standar atau kriteria sendiri yang disesuaikan dengan durablitas masing-masing komponen.

Selain dari jarak, cara pakai serta kondisi kendaraan juga mempengaruhi usia kampas kopling. Bila motor sering digunakan secara agresif atau memiliki rute tempuh di medan yang berat, tentu membuat lapisan kampas lebih cepat aus.

"Untuk motor yang digunakan secara agresif atau tiap hari harus melewati medan yang berat pasti membutuhkan kinerja mesin yang lebih. Tanpa disadari hal ini juga berimbas pada kinerja kopling yang lebih ekstra," ucapnya.


Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa