Hapus Geregetan Hadapi Drat Busi yang "Slek"

Stanly Ravel - Senin, 18 Januari 2016 | 17:35 WIB

Jakarta, Otomania - Saat ulir baut di silinder head sepeda motor rusak, cara memperbaikinya adalah dengan mengecor ulang (bosing) guna membuat drat baru. Tapi, kalau situasi ini terjadi di saat Anda lagi di jalan, berpergian jauh, touring misalnya, apa yang harus dilakukan?

Salah satu teknik yang bisa dilakukan di saat drat rumah busi terkikis (slek), adalah menggunakan bantuan recoil. Recoil merupakan per berbahan baja yang bisa digunakan untuk mengatasi sementara permasalahan ini.

Caranya cukup mudah, pilih per dengan ukuran ideal, sesuai dengan rumah busi (kepala silinder). 

"Recoil bisa lebih cepat mengatasi masalah baut drat yang slek, apalagi saat kondisi darurat. Caranya cukup masukan per recoil ke lubang yang slek, lalu masukan busi. Per akan mengantikan fungsi alur drat untuk mengunci busi," ujar Slamet Pamuji punggawa bengkel Selta Motor di Condet saat dihubungi Otomania, Sabtu (16/1/2016)

Bukan hanya untuk lubang busi saja, recoil juga bisa digunakan untuk mengatasi lubang baut di komponen lain yang ada pada kendaraan, karena memiliki ragam ukuran. Dimensi umum yang dipasarkan mulai dari 8 mm sampai 14 mm, sedangkan harga berkisar Rp 15.000 - Rp 35.000 plus pemasangan.

Meski lebih cepat tapi, Slamet tetap menganjurkan pemilik motor untuk melakukan proses bosing. Hal ini karena daya tahan dan kualitas yang lebih terjamin.

"Recoil hanya digunakan dalam kondisi darurat, setelah itu tetap lakukan bosing agar lebih pasti. Hal ini berguna untuk menghindari adanya kebocoran akibat kerusakan recoil nantinya, karena saat sudah bocor kinerja busi pun akan berkurang yang membuat tarikan motor ikut berkurang," ucapnya.


Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa