Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sering Hajar Lubang, Perhatikan Oli Sokbreker Motor

Stanly Ravel - Rabu, 6 Januari 2016 | 08:05 WIB

Jakarta, Otomania - Sokbreker depan menjadi komponen yang penting pada sepeda motor. Dengan sokbreker berkendara akan jadi nyaman dengan tugasnya meredam guncangan.

Seiring dengan fungsinya, di dalam komponen sokbreker bukan hanya diisi oleh ring per saja, melainkan juga pelumas yang berguna untuk mencegah terjadinya gesekan.  Sama halnya dengan mesin, dalam kurun waktu tertentu pelumas ini pun wajib dikuras dan diganti.

"Pelumas pada shok memang perlu diganti, tapi untuk kepastian waktunya sebenarnya tidak ada ketentuan. Hal ini karena ketahanannya tergantung dari cara pemakaianya sendiri," ucap Ade Rochman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) kepada Otomania, Selasa (5/1/2016).

Selain cara pakai, menurutnya ketahanan kondisi oli pada sokbreker depan motor juga tergantung dari medan yang sering dilewati. Semakin banyak jalan rusak dan bergelombang semakin cepat pergantian olinya.

"Guncangan saat di jalan bergelombang membuat sokbreker akan bekerja ekstra. Hal ini secara otomatis membuatuhkan asupan pelumas yang baik, makin sering melintasi jalan yang tidak mulus makin cepat pula pergantian pelumasnya," ujar Ade.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa